Home » Tips Windows » Cara Ampuh Mengatasi Notebook Yang Lemot

Cara Ampuh Mengatasi Notebook Yang Lemot

Cara Ampuh Mengatasi Notebook Yang Lemot – Memiliki notebook yang lemot membutuhkan kesabaran yang ekstra. Apalagi ketika terburu-buru dan notebook lemot. Tapi jangan sampai notebooknya di banting ya. 😀

Notebook merupakan gadget portable yang bisa di bawah kemana saja. Kehadiran notebook dengan ukuran yang mini tersebut diharapkan bisa menggantikan komputer yang ukuran yang lebih besar.

Baca juga : Apa Perbedaan Antara Netbook, Notebook dan Laptop

Notebook memang dirancang memiliki mobilitas atau bisa di pakai di mana saja untuk menggantikan komputer. Namun perlu diketahui bahwa di balik ukuran notebook yang mungil tersebut kecepatannya berbeda dengan komputer. Notebook kalau digunakan hal yang berat misalnya editing foto dengan photoshop atau menjalankan coreldraw. Ya memang bisa saja menjalankan tapi butuh kesabaran ekstra, atau bahkan notebook malah tidak bisa menjalankan program-program tersebut. 😀

Apabila sobat tidak menjalankan program yang berat namun tetap saja lemot cobalah tips di bawah. Apa saja itu ?

Cara Ampuh Mengatasi Notebook Yang Lemot

Cara Ampuh Mengatasi Notebook Yang Lemot

  • Gunakan Sistem Operasi Yang Paling Ringan

Penggunaan sistem operasi yang kurang pas akan membuat notebook lemot. Karena pada dasarnya sistem operasi juga memiliki batas minimal hardware yang harus digunakan. Jika menginstal Sistem Operasi Windows harap perhatikan versinya. Dalam 1 jensi Windows pun bermacam-macam. Misalnya saja Windows 7 saja dibagi menjadi beberapa macam. Ada Windows Ultimate, Windows Starter, Windows Profesional dan lainnya. Atau jika berminat gunakan saja Linux Ubuntu yang lebih ringan dan tentunya gratis. 😀

Baca juga : Lebih Dekat Dengan Open Source

  • Upgrade RAM

RAM bawaan memang terkadang tidak cukup untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Di note yang ukuranya 13 inch ke atas sudah di bekali dengan 2 slot tempat RAM. Yang mana biasanya dari vendor hanya digunakan 1 saja. Silakan isi slot yang masih kosong dengan RAM tambahan agar kinerja semakin powerfull. Harga RAM bervariasi, tergantung besarnya dan juga merk-nya.

Baca juga : Syarat Upgrade RAM Laptop

  • Instal Aplikasi Yang Dibutuhkan Saja

Terkadang ada user yang menginstal aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan penggunanya saja tidak mengerti apa fungsi dari aplikasi yang di instal tersebut. Hal ini karena user tersebut tidak menginstal notebooknya sendiri tetapi di instal ke tukang service. Jika mengetahui ada software aplikasi yang tidak digunakan atau tidak dibutuhkan sebaiknya di uninstall saja.

  • Jangan Paksakan Menjalan Program / Aplikasi Yang Berat

Prosesor sebagai otak dari sebuah notebook juga memiliki batas maksimal kerja. Jadi jangan dipaksakan melakukan hal-hal yang tidak wajar atau diluar batas kemampuannya. Adapun ciri dari software aplikasi yang berat adalah besarnya file sebelum instalasi. Biasanya semakin besar Installernya maka untuk menjalankannya membutuhkan prosesor yang cepat dan juga RAM yang besar.

Baca juga : Cara Uninstall Aplikasi Yang Tidak bisa Dihapus atau Uninstall di Windows

Itulah sekilas mengatasi Cara Ampuh Mengatasi Notebook Yang Lemot. Sebagai user yang baik sebaiknya sobat memahami notebook sobat. Misalnya saja prosesornya apa dan kecepatanya berapa, RAM berapa giga dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar sobat mengerti kemampuan dan batas maksimal dari notebook sobat. Sekian dulu, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *