Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Tidak Lemot

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Tidak Lemot – WiFi saat ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan masyarakat. Dengan adanya WiFi ini kita akan bisa terhubung dengan internet.

Sebenarnya ada sinyal WiFi belum tentu bisa terhubung dengan internet. Apakah kamu pernah menemukan hal demikian ? Biasanya ada notifikasi “.. Jaringan tidak terhubung ke Internet”.

Jaringan Wifi tidak hanya digunakan untuk terhubung ke internet tetapi juga dapat digunakan untuk jaringan lokal. Jenis WiFi ini biasanya digunakan di kampus atau kantor yang memang membutuhkan jaringan lokal saja.

Berbicara masalah WiFi ini maka kita mengenal tentang bagaimana cara kerja WiFi ini. WiFi merupakan teknologi yang dapat menghubungkan antara 1 perangkat ke perangkat lain menggunakan gelombang radio.

Teknologi ini memang teknologi yang menggantikan teknologi jaringan kabel. Dengan adanya Wifi ini kita tidak perlu lagi dengan adanya kabel LAN karena sudah ada jaringan WIFI yang menggunakan gelombang Radio.

Sinyal Wifi ini sebenarnya terbatas, karena memang menggunakan teknologi sinyal radio. Salah satu penyebab dari sinyal yang lemah adalah jarak perangkat dan halangan seperti tembok.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperkuat sinyal wifi dengan cara mudah dan simpel.

Penyebab Sinyal WiFi Lemot

Sinyal WiFi lemot tentu bukan tanpa sebab. Sinyal WiFi normalnya bisa digunakan untuk mengakses internet dengan lancar sesuai kecepatan yang ditentukan oleh ISP.

Dan zaman sekarang ini kecepatan internet sudah bisa dikatakan cukup cepat. Penyedia layanan internet pun saat ini sedang berlomba memberikan layanan internet yang cepat, stabil dan tentu harganya murah.

Lalu mengapa ada sinyal WiFi yang lemot ? Ada bebebrpa penyebab mengapa sampai sinyal WiFi ini lemot. Berikut ini alasannya :

1. Lokasi Router Kurang Tepat. Sebaiknya letakkan router di tempat yang tepat. Misalnya tepat di tengah ruangan.

2. Sinyal terhalang dinding tembok. Dengan adanya banyak sekat ataua tembok ini akan menyebabkan sinyal menjadi lemah dan otomatis sinyal Lemot.

3. Gangguan Perangkat lain. Karena WiFi menggunakan teknologi radio maka jangan letakkan barang yang bisa mengganggu sinyal wifi kamu

4. Jarak dengan Router. Jika HP kamu jauh dengan router maka otomatis sinyal WiFi akan lemot karena faktor jarak. Umumnya 20 meter sudah mulai terasa akan hilangnya sinyal ini

5. Frekuensi Penuh. Dalam 1 router ada batas maksimal user atau perangkat. Semakin banyak perangkat tentu akan menyebabkan sinyal lemot atau lemah.

Baca juga :  Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Tentu tetap ada solusi jika WiFi kamu lemot. Di bawah ini kami sajikan beberapa points yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal WiFi

1. Pastikan Atur Posisi Router Tepat

Jika ada teknisi memasang router maka mintalah diletakkan di posisi yang tepat. Dengan begini kamu tak perlu memindahkan router lagi. Dimana posisi router yang tepat ?

Kamu bisa letakkan router di atas tembok atau d tempel di tembok. Dan lokasi temboknya ini harus benar-benar di tengah bangunan, dan tidak terhalang oleh banyak tembok. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan sinyal WiFi yang kuat.

Baca juga :  Aplikasi Cari Jodoh Online Untuk Yang Single

2. Menambah Access Point Tambahan

Jika WiFi kamu digunakan di gedung bertingkat sebaiknya kamu tambahkan Access Point. Access Point ini apa ? Access Point merupakan perangkat router tambahan yang dapat menguatkan sinyal WiFi.

Antara 1 router dengan router lainnya akan dihubungkan dengan kabel LAN. Dengan adanya beberapa router maka sinyal akan lebih kuat.

Penambahan Access Point ini biasanya digunakan di lingkungan yang cukup luas atau di bangunan yang bertingkat. Baik itu sekolah, kampus atau juga kantor.

Baca juga :  Dilema Kolese Teknik

3. Menggunakan Repeater/WiFi Extender

Ini cara yang mirip dengan cara pada nomor 2. Bedanya yakni pada koneksinya yang tidak membutuhkan kabel LAN sebagai penghubung.

Cara menggunakan Repeater/WiFi Extender ini cukup mudah yakni dengan port USB yang dicolok ke perangkat. Namun kelemahannya yakni sinyal yang kadang kurang stabil karena menggunakan sinyal radio atau gelombang.

Baca juga :  Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

4. Router Outdoor Point to Point, Perangkat Tambahan Untuk Sinyal WiFi Outdoor

Jika kamu memiliki 2 gedung dan ingin menggunakan 1 WiFi saja maka kamu bisa gunakan alat ini. Router outdoor Point to Point ini memang cocok untuk penguat sinyal WiFi antar gedung.

Dengan adanya sinyal ini kamu akan mendapatkan sinyal wifi yang kuat. Karena penguat sinyal ini jangkauan nya luas, bisa untuk outdoor.

Baca juga :  Sejarah Captcha dan Fungsinya

5. Buatlah beberapa SSID dalam 1 Router

Solusi lainnya yang cukup ampuh adalah dengan membuat SSID baru dalam 1 Router. Nantinya router kamu akan muncul 2 nama WiFi. 1 SSID atau nama WiFi ini bisa kamu gunakan untuk beberapa perangkat. SSID lain bisa kamu gunakan sendiri atau sesuka kamu.

Dengan adanya lebih 1 SSID akan membuat trafik atau sinyal stabil. Tidak keroyokan istilah nya. Kamu juga bisa membaca cara membuat beberapa SSID dalam 1 Router

Baca juga :  Kemana 'tokobagus' itu

Cara Memperkuat Sinyal WiFI Indihome

Untuk kamu pengguna ISP Indihome bisa menggunakan trik di atas juga. Dan cara yang lainnya adalah pastikan kamu memilih paket internet yang benar cocok. Karena di ISP Indihome sendiri ada banyak paket. Paket di sini merupakan paket kecepatan internet dan juga harganya.

Ada harga ada kualitas. Tentu semakin mahal internet nya maka akan semakin cepat pula kecepatan internet tersebut.

Seperti yang kita tahu Indihome dari Telkom saat ini merupakan provider internet yang paling luas jangkauannya. Sampai ke pelosok desa. Tapi kalau di kota besar biasanya ada provider lain. Misalnya MyRepublik, MNC, First Media dan lainnya

Itu beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi. Namun jika kamu punya cara lain silakan tambahkan di kolom komentar. Terimakasih.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *