4 Cara Menambah RAM di Android Tanpa Perlu Root

4 Cara Menambah RAM di Android Tanpa Perlu Root – Jika kamu pengguna Android dan ingin menambah RAM maka hal itu wajar saja.

Namun untuk menambah RAM di Android ini merupakan hal yang kurang tepat. Bahkan belum ada yang bisa menambah RAM ini. Sampai saat artikel ini ditulis belum ada yang bisa demikian.

Mengapa demikian ? Apakah HP Android tidak bisa ditambahkan RAM seperti sebuah laptop atau Komputer ? Tidak bisa. RAM di Android tertanam langsung di sirkuit, sehingga tidak memungkinkan untuk ditambah kapasitas nya.

Tapi kamu tenang saja. Di dalam artikel ini kamu yang memiliki smartphone atau HP android dengan kapasitas RAM yang terbatas akan menemukan solusinya. Agar HP kamu tidak lemot lagi karena RAM nya kecil.

Baca juga :  Cara Merubah Aplikasi Yang Sudah Terinstal Menjadi APK

Pengertian dan Fungsi RAM Android

RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory. Perangkat yang menjalankan suatu sistem operasi membutuhkan RAM. Wajib ada RAM. Dengan RAM inilah sistem operasi menjalankan sebuah program.

Fungsi dari RAM di sebuah perangkat elektronik adalah sebagai tempat menyimpan data sementara dari sebuah sebuah program. Misalnya kita menjalankan program musik player maka aplikasi ini akan berjalan di RAM tersebut.

Untuk kapasitas sebuah RAM sebuah perangkat harus imbang dengan prosesor yang digunakan. Sebuah sistem operasi yang berjalan juga bergantung pada kecepatan pemrosesan dari prosesor itu sendiri. Prosesor yang mengolah data, dan simpan sementara di RAM data tersebut.

Semakin besar RAM tentu semakin baik dan stabil ketika digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi. Jika memang digunakan untuk multitasking maka semakin banyak membutuhkan RAM.

Baca juga :  Cara Mudah Menyadap HP Pasangan

 

Cara Menambah RAM di Android Tanpa Root

Dengan membuka akses Root di Android maka kamu dapat kehilangan garansi dari pabrikan. Maka dari itu kamu tak perlu melakukan root jika tidak mau mengambil resiko.

Untuk kamu yang ingin menambah RAM tanpa Root simak tutorial di bawah ini.

Baca juga :  Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi MIUI Terbaru

 

Cara Menambah RAM di Android : Hapus Live Wallpaper

Memang menarik sekali menjalankan live wallpaper ini. Dengan adanya Live Wallpaper akan membuat pengguna tidak mudah bosan.

Tetapi memasang Live Wallpaper ini tidak disarankan untuk kamu pengguna Android yang RAM nya kecil. Segera hapus live wallpaper kamu sekarang.

Mengapa dihapus ? Tentu saja menjalan live Wallpaper akan menjalankan RAM. Hal ini bisa membuat RAM kamu cepat penuh dan akibatnya HP android menjadi lambat. Dan tidak cuma itu penggunaan Live Wallpaper ini juga akan menguras baterai kamu. Baterai akan cepat habis jika menggunakan live wallpaper.

 

Cara Menambah RAM di Android : Hapus Aplikasi Penguras RAM

Di Playstore kita bisa memilih berbagai aplikasi namun jangan asal install. Hal ini terkait RAM yang ada di HP kesayangan mu.

Jika salah pilih akan membuat aplikasi tersebut menguras kinerja RAM. Ada aplikasi yang dapat berjalan menggunakan RAM kecil dan adapula yang sebaliknya, butuh banyak RAM.

Jika memang tidak butuh aplikasi terlalu banyak hapus yang tidak penting. Bahkan ada aplikasi yang dapat berjalan di balik layar. Dan tentu butuh RAM untuk berjalan. Maka dari itu segera uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Baca juga :  Cara Mudah Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone Terbaru

 

Cara Menambah RAM Android : Hapus Aplikasi Bawaan HP

Vendor HP android biasanya menyisipkan aplikasi yang khusus. Dan aplikasi ini tidak bisa di hapus. Tidak ada pilihan untuk uninstall.

Tapi walaupun tidak bisa di uninstall kamu dapat menonaktifkan di pengaturan aplikasi dan pilih force close atau paksa berhenti. Dengan cara seperti ini aplikasi tidak akan berjalan dan tidak menguras RAM Android kamu. Tapi setelah force close jangan sekali-kali untuk mengklik atau membuka kembali. Itu sama saja dengan mengaktifkan kembali. Kamu bisa menyembunyikan aplikasi nya

 

Cara Menambah RAM Android : Aplikasi RAM Booster atau CCleaner Kadang Diperlukan

Ada banyak sekali aplikasi di Playstore yang dapat kamu gunakan sebagai booster. Atau biasa nya ada aplikasi bawaan yang di setel untuk menghapus cache yang membandel.

Dengan sekali tekan maka akan meringankan beban RAM sehingga kapasitas bertambah. Cari aplikasi yang ratingnya bagus tidak banyak iklan. Bahkan kalau ada yang tidak ada iklannya sama sekali.

Baca juga :  Quick Boot, Aplikasi Mempercepat Boot Android

 

Itulah beberapa cara agar RAM Android kamu bisa bertambah. Jika bertanya : adakah cara menambah RAM dengan menggunakan kartu SD Card ? Memang ada cara seperti itu. Tapi hal itu beresiko, kalau sukses akan dapat menanbah RAM kalau tidak akan beresiko kerusakan total pada HP Android. Jadi terapkan saja cara menambah RAM di Android seperti yang sudah dijelaskan di atas. Aman dan nyaman dan tanpa resiko.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *