Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas (Semua Merk)

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas (Semua Merk) – Bukan yang asing ketika seseorang ketika menggunakan laptop dan merasakan panas berlebihan. Padahal laptop baru mengapa laptop mengalami panas.

Laptop yang panas ini biasanya memiliki beberapa penyebab. Penyebab yang umum adalah meletakkan laptop yang salah, umur laptop yang cukup tua atau juga bisa karena aliran udara yang kurang memadai. Atau juga digunakan di area atau ruangan yang memiliki suhu panas.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 10

Efek dari laptop yang panas ini akan menyebabkan pengguna kurang nyaman. Bagaimana mau nyaman, keyboard saja terasa panas. Atau bahkan laptop malah menjadi lemot dan errot. Tentu hal ini akan membuat pengguna mencari solusi agar laptopnya kembali normal dan tidak panas.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas (Semua Merk)

Tips yang dapat dilakukan agar laptop tidak cepat panas ada di bawah ini. Tujuan hal ini agar penggunaan laptop kembali normal dan maksimal.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas (Semua Merk)

1. Letakkan Laptop di Tempat Yang Tepat

Kami merekomendasikan agar penggunaan laptop dalam waktu yang lama sebaiknya menggunakan kipas pendingin eksternal. Tujuannya adalah agar udara di sekitar laptop menjadi normal dan stabil.

Dengan adanya kipas juga apabila mengerjakan hal berat seperti bermain game atau edit foto dan video maka akan menjadi stabil, tidak overheat. Jangan pernah menggunakan laptop di tempat yang sirkulasi udaranya terhambat, misalnya di atas bantal. Hal ini tentu saja menghambat sirkulasi udara dan akan menjadikan laptop cepat panas.

Baca juga :  Cara Melihat Spesifikasi Hardware Android

2. Pastikan Kipas Laptop Normal

Cek mesin kipas di laptop Cara mengatasi laptop panas yang pertama adalah mengecek mesin kipas di laptop. Setiap kali Anda merasa laptop Anda menjadi panas, cobalah cek mesin kipas pada laptop Anda. Caranya adalah dengan meletakkan tangan Anda tepat di sebelah ventilasi kipas. Di sini Anda akan tahu apakah kipas laptop dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kipas laptop dapat berfungsi secara baik, Anda akan merasakan udara panas yang keluar. Namun jika Anda hanya merasakan sedikit atau tidak sama sekali, mungkin saja terdapat debu yang menumpuk di kipas. Tak hanya itu, bisa jadi mesin kipas laptop Anda sudah rusak. Jika seperti ini Anda harus segera menggantinya atau menuju tempat reparasi laptop.

3. Gunakan di Ruangan Yang Suhunya Tidak Panas

Ketika menggukan laptop ada baiknya digunakan di ruangan yang tidak panas. Bahkan kalau bisa di ruangan yang sejuk dan dingin. Dengan cara ini akan membuat laptop tidak cepat panas.

Baca juga :  Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

4. Keterbatasan Laptop, Umur dan Spesifikasi

Laptop keluaran terbaru spesifikasinya memang sudah banyak bagus. Namun bagaimana dengan laptop yang lama atau sudah berumur ? Apabila laptop sudah berumur ada baiknya batasi penggunaannya. Misalnya saja maksimal digunakan 2 jam. Atau juga bisa menggunakan laptop tapi diberikan jeda. Misalnya 1 jam di pakai, kemudian istirahat 10 – 30 menit. Tujuan hal ini adalah hardware tidak overheat atau kepanasan, dan juga membuat kinerja laptop menjadi stabil.

Itulah beberapa cara agar laptop tidak cepat panas. Kalian bisa mencoba trik di atas agar kinerja laptop bisa maksimal dan awet.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas (Semua Merk)
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.