Home » Tips Windows » Perlukah Kita Dengan Firewall

Perlukah Kita Dengan Firewall

Perlukah Kita Dengan Firewall ? Secara sederhana Firewall merupakan sebuah lapisan yang ada di sebuah komputer yang berfungsi melindungi, mengatur dan mengawasi data yang keluar dan masuk di sebuah jaringan komputer.

Dari pengertian ini kita bisa mengerti bahwa firewall itu sangat penting. Apalagi jika di komputer perusahaan atau bank yang mana firewall ini wajib ada. Karena dengan adanya firewall ini segala aktifitas akan di awasi.

Baca juga : Cara Mempercepat Download IDM

Namun pada kenyataan nya masyarakat umum tidak paham akan firewall ini. Jika sobat menjalankan komputer atau laptop menggunakan jaringan sebaiknya firewall ini di aktifkan. Karena ada manfaatnya apabila kita mengaktifkan firewall ini. Firewall cara kerjanya mirip dengan antivirus yang mampu melindungi komputer dari virus atau program yang jahat. Ada juga fungsi lain dari firewall ini. Apa saja itu simak di bawah ini.

Perlukah Kita Dengan Firewall

Perlukah Kita Dengan Firewall

1.Mengatur Trafic Jaringan

Dengan adanya firewall ini sebuah jaringan komputer akan terkontrol. Data yang keluar masuk akan di di awasi secara ketat. Jika ada mencurigakan firewall akan memblokir jaringan tersebut.

Data-data yang sifatnya sensitif tentunya tidak boleh sembarang orang tau. Inilah fungsi dari firewall yakni mengawasi data yang sifatnya sensitif agar orang lain tidak mudah tahu.

2. Firewall Memberikan Peringatan

Jika sobat mengaktifkan firewall dan kemudian sobat santri drajat menginstal suatu program maka program tersebut akan di cek terlebih dahulu.

Setelah di cek firewall akan memberikan perintatan bahwa program tersebut aman untuk digunakan. Namun banyak juga software lolos dari firewall ini karena firewall tidak diaktifkan atau juga karena salah mengaturnya.

3. Mengawasi Program di Jaringan

Sebuah jaringan terkadang membutuhkan program tertentu. Program yang baik atau benar tentunya tidak masalah namun lain lagi jika ada program di jaringan yang sengaja diciptakan untuk mencuri data dari sebuah jaringan dan mengirimkan ke pembuat program untuk di manfaatkan untuk yang kurang baik.

Jika sobat mengatur dan mengaktifkan firewall dengan baik maka hal ini tidak akan terjadi. Karena firewall akan memblock atau menutup program yang mengirimkan data ke luar jaringan tanpa seizin user tersebut.

Nah begitulah manfaat dari sebuah firewall. Jika sekarang belum mengaktifkan firewall sebaiknya segera diaktifkan ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *