Home » Hardware » Syarat Upgrade RAM Pada Laptop

Syarat Upgrade RAM Pada Laptop

Syarat Upgrade RAM Pada Laptop – RAM merupakan salah satu hardware laptop atau komputer yang sangat penting. Tanpa adanya RAM laptop dan komputer tidak akan bisa berjalan. Memang begitu sangat penting bagian RAM ini. Jika sobat masih awam dalam masalah dunia komputer dan tidak mengerti apa itu ram, maka tidak tidak ada salah membaca artkel : RAM dan Sejarah Perkembangannya

Di bawah ini ada beberapa syarat mengapa sobat perlu upgrade RAM, apa saja itu ? Silakan disimak

Syarat Upgrade RAM Pada Laptop

Syarat Upgrade RAM Pada Laptop

Alasan Mengapa Updrage RAM Laptop

Menjalankan software yang membutuhkan banyak RAM adalah salah satu alasan mengapa seseorang perlu upgrade RAM. Memang harusnya demikian, semakin besar program yang dijalankan biasanya akan membutuhkan banyak RAM. Berbeda dengan laptop atau komputer yang hanya digunakan untuk hal standart. Misalnya saja browsing, menjalankan MS Word, Excel, atau yang sejenis.

Berbeda lagi jika laptop digunakan untuk program berat semisal 3D Max, Coreldraw, Autocad dan lainya yang sejenisnya. Hal itu dikarenakan software tersebut memang dirancang untuk keperluan yang khusus atau jarang digunakan untuk umum.

Jika alasan tersebut jelas, maka silakan saja menganti RAM. Tetapi kalau komputer atau laptop hanya digunakan untuk MS Word dan sebagainya rasanya RAM dibawah 2Gb cukup.

Baca juga : Cara Berjualan Secara Efektif di Sosial Media

Pastikan Dana atau Biaya Cukup

RAM memang harga bermacam-macam. Tergantung merk yang akan dikehendaki. Pada saat artikel ini ditulis harga RAM laptop 2 Gb DDR3 sekitar 250.000 sampai 350.000. Atau jika sobat ingin lebih murah bisa membeli RAM second yang lebih murah. Jangan salah, banyak RAM second masih bagus dan tidak kalah dengan yang baru. Jika sobat ingin lebih irit dan menghemat biaya untuk upgrade RAM maka tidak ada salah jika membeli RAM Second.

Wajib Mengetahui Spesifikasi Prosesor

Hal ini sering terjadi pada kaum hawa yang belum begitu paham teknologi, yakni tidak mengetahui spesifikasi detail tentang laptopnya sendiri. Termasuk tentang prosesor yang digunakan.

Sebelum sobat upgrade RAM laptop sebaiknya cek dahulu prosesor yang digunakan apa. Karena setiap processor yang tertanam pada sebuah laptop tentunya  memiliki batas maksimum dalam penggunaannya. Maka dari itu akan sangat membantu jika sobat mengetahui seberapa maksimalkah processor kita bisa menampung RAM.

Misalnya saja prosesor Core i3 yang mampu menggunakan RAM maksimal 6 Gb, Core i5 maksimal 8 Gb dan lainnya sebagainya. Itu contohnya saja. Karena Saya juga belum paham betul batas maksimal setipa prosesor. 😀

Ketahui Jenis Atau Typa RAM

Ini yang penting juga. Setiap RAM memiliki spesifikasi berdeda dengan yang lain. Sebelum membeli RAM untuk upgrade laptop sebaiknya cek dahulu RAM yang telah digunakan seperti apa.

Dibagian RAM biasaya tertulis DDR3 PC 15000 atau yang lainnya. Hal ini merupakan tanda bahwa RAM tersebut spesfikasinya sesuai dengan yang tertera. Jangan menggabungkan dengan RAM yang berbeda jenis. Misalnya DDR3 PC 15000 1 GB yang sudah tertanam dilaptop kemudian ditambah dengan RAM DDR3 PC 12800 1GB. Jika ini terjadi maka laptop tidak akan menyala. Jika sudah tertera DDR3 PC 15000 maka beli RAM yang sejenis, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Cara Merawat SD Card Yang Baik dan Benar

Karena saya sendiri pernah upgrade RAM komputer dengan spesifikasi berbeda dan hasilnya komputer tidak menyala. Akhirnya mubadir memorynya. 😀 Jangan ada yang seperti itu ya.

Itulah sekilas mengenai Syarat Upgrade RAM Pada Laptop. Jadi pahami betul laptop sobat dan juga tujuannya apa upgrade RAM tersebut. Kiranya itu dulu ya tentang Syarat Upgrade RAM Pada Laptop. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share Syarat Upgrade RAM Pada Laptop ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *