Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 – Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Windows 10 kembali normal tanpa ada blue screen. Ada beberapa penyebab blue screen yang harus diketahui pengguna windows 10 yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Ketika Windows 10 error dan muncul blue screen maka tidak perlu khawatir dan bingung. Windows yang muncul notifikasi “Your PC ran into a problem and needs to restart” ini terjadi sedikit kesalahan, bisa di hardware atau juga software nya.

Baca juga : Tidak Bisa Update Chrome ? Ini Solusinya !

Dan pada kesempatan kali ini kita akan bahasa mengenai BLUE SCREEN WINDOWS 10. Kita akan bahas penyebab blue screen windows 10 dan juga cara mengatasinya dengan cara yang sederhana.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

cara mengatasi blue screen windows 10

Penyebab Blue Screen Windows 10

Pertanyaan umum yang sering ditanyakan adalah mengapa sampai terjadi blue screen Windows ? Windows 7, 8 dan sampai Windows versi terbaru pun bisa mengalami blue screen.

BSOD atau Blue Screen of Death merupakan nama lain dari blue screen ini. Atau juga bisa dikenal dengan stop error atau fatal error system. Munculnya fatal error system ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada driver perangkat keras, hardware, atau juga bisa kerusakan atau error pada sistem operasi yang digunakan.

Tetapi kadang blue screen muncul karena kerusakan atau crash pada software yang terinstal pada sistem operasi tersebut. Ketika muncul blue screen biasanya ditandai dengan kode tertentu. Kode ini memiliki arti tersendiri. Adapun arti kode-kode tersebut bisa di cek di bawah ini yang berdasarkan situs Microsoft Support :

  • CRITICAL_PROCESS_DIED: Ada proses yang error dalam Windows, misalnya karena file penting di Windows corrupt atau rusak.
  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED: Error yang tidak bisa ditangani terjadi pada bagian driver Windows.
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL: Ada masalah pada driver, memori komputer, atau Antivirus pada komputer.
  • VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED: Driver untuk video gagal merespons.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA: Ada kesalahan dalam kode di driver maupun Antivirus komputer.
  • SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION: Windows gagal mengeksekusi kode yang ada di bagian driver.
  • DPC_WATCHDOG_VIOLATION: Masalah muncul ketika menggunakan Hyper-V dan terjadi kesalahan dalam Hyper-V tersebut.
Baca juga :  Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Bisa Mengcopy File Besar

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Ada beberapa cara untuk mengatasi error blue screen windows 10 ini. berikut ini kami bagikan caranya :

1. Cara Mengatasi Blue Screen Dengan Safe Mode

Safe mode merupakan fitur sistem operasi windows yang tujuannya untuk mengatasi permasalahan pada sistem operasi Windows. Pada Safe Mode ini Windows akan berjalan namun yang aktif hanya sistem operasi serta driver dan file-file penting saja.

Untuk dapat masuk ke mode ini caranya cukup mudah. Pada saat laptop atau PC off kemudian nyalakan dengan menekan tombol power. Pada saat proses ini tekan juga tombol F4, F5, atau F6 pada keyboard. Cobalah satu persatu karena setiap brand memiliki tombol fungsi yang berbeda

Apabila sudah masuk safe mode ini. Maka selanjutnya adalah uninstall program atau aplikasi yang mencurigakan. Biasanya crash blue screen ini muncul setelah instal aplikasi. Masuk ke pengaturan dan hapus / uninstall aplikasi yang baru saja di install.

2. Cara Mengatasi Blue Screen Dengan Hardware

Cobalah cek kondisi hardware. Mungkin saja ada komponen yang kurang kuat koneksinya sehingga terjadinya blue screen ini. Terutama bagi yang menggunakan PC. PC kadang mengalami kesalahan pemasangan hardware sehingga terjadi suatu permasalahan. Kamu bisa membuka kasing dan mengecek satu persatu antara komponen dengan komponen lainnya. Coba cabut dan pasang kembali antar komponen ini. Apabila dirasa sudah benar, coba nyalakan kembali. Dan apabila kotor cobalah bersihkanlah.

Baca juga :  Tips Belajar Jaringan Komputer Dengan Packet Traccer

3. Cara Mengatasi Blue Screen Dengan Instal Ulang

Ini merupakan hal yang paling simpel. Biasanya dilakukan oleh teknisi. Karena mereka paham dengan kondisi laptop yang mengalami blue screen ini terkadang sulit untuk diselamat. Jalan satu-satunya adalah instal ulang.

Instal ulang sebenarnya tidak masalah. Asalkan data yang kamu simpan tidak bersama denan drive sistem operasi. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga selalu backup data ke drive yang aman. Atau juga bisa disimpan di penyimpanan online.

Baca juga :  Lebih Dekat Dengan Open Source

Silakan gunakan tips dan trik mengatasi blue screen di atas sesuai dengan kondisi yang dialami. Karena memang blue screen sendiri ada beberapa macam.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.