Home » Word » Cara Memberi Harokat Huruf Arab di Microsoft Word

Cara Memberi Harokat Huruf Arab di Microsoft Word

Cara Memberi Harokat Huruf Arab di Microsoft Word – Pada artikel yang dahulu sudah dijelaskan bagaimana memasukkan Al Quran ke dalam microsoft word yang menggunakan plugin. Namun jika menulis arab biasa seperti: syair arab, percakapan dan lain maka harus manual mengetik arab.

Untuk mengetik huruf arab cara cukup mudah, kita tinggal mengatur keyboard kita ke jenis keyboard arab. Setelah itu baru kita menulis dengan font arab. Jika belum bisa mengatur bagaimana mengatur keyboard menjadi keyboard arab silakan baca cara mengatur keyboard arab di windows.

Baca Juga : Cara Mudah dan Simpel Membuat Cover Makalah

Permasalah yang sering ditanyakan oleh pengguna microsoft #word adalah masalah pemberian harokat di microsoft word. Kadang ada yang bertanya ke via sms, mau jelasin ya kesulitan. Kalau orang yang dijelaskan sudah agak paham tentang microsoft word mungkin akan cepat paham, kalau orang masih awam capek jelasin lewat sms 😀

Karena itu saya tulis tutorial Cara Memberi Harokat Huruf Arab di Microsoft Word. Untuk memberi harokat huruf arab di ms word sebenarnya mudah saja :

  1. Atur dahulu keyboard menjadi keyboard font arab, caranya bisa dibaca di tutorial menambahkan huruf arab di windows
  2. Setelah anda menulis huruf arab tekan tombol shif
  3. Agar lebih mudah gunakan saja keyboard onscreen keyboard. Pilih start – accessories – easy of acces – on screen keyboard
  4. Tekan tombol shift setelah itu tekan tombol q – w – e – r – t – 1 untuk memberi harokat
  5. Agar mudah setelah menulis huruf langsung beri harokat, misalnya setelah menulis huruf jim langsung beri harokat. Jangan setelah menulis semua kata baru di beri harokat. Karena terkadang jika tidak bisa mengatur akan merusak susunan huruf dan kata.

Begitulah cara memberi harokat huruf arab di microsoft word. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *