Home » Software » Lebih Dekat Dengan Open Source

Lebih Dekat Dengan Open Source

Lebih Dekat Dengan Open Source – Open Source jika diartikan dalam bahasa indonesia maka artinya adalah sumber terbuka. Sumber terbuka artinya semua orang dapat menggunakannya tanpa harus membeli. Open Source tidak hanya berlaku pada sistem operasi. Sistem operasi merupakan sebuah software untuk menjalankan sebuah perangkat keras. Bisa juga diartikan Sistem Operasi merupakan sebuah nyawa dari sebuah benda. Software pun ada yang open source artinya software tersebut boleh digunakan oleh semua orang dan juga dapat mengembangkannya.

Android Adalah Open Source

Berbicara tentang open source, contoh yang paling gampang adalah sistem operasi android. Sistem Operasi ini sudah tidak asing lagi, dan mungkin saja sekarang yang anda gunakan untuk membaca artikel ini adalah sistem operasi Android. Android merupakan salah satu sistem operasi open source. Walaupun open source sistem operasi ini dikembangkan oleh raksasa teknologi yakni Google. Perusahaan inilah yang mengembangkan Android. Android merupakan sistem operasi turunan dari Linux atau juga bisa dikatakan sistem operasi yang dikembangkan dari Linux.

Loh kenapa dikembangkan oleh Google ? Apa tidak rugi Google mengembangkan Android, kan itu gratis dipakai semua orang ? Tentu saja tidak. Google sudah menghitung matang dan memperoleh untung dari mengembangkan Google. Lah dari mana Google mendapatkan untuk dari mengembangkan Android ? Google sangat untuk mengembangkan Android, misalnya saja dari Google Play Store. Seperti yang kita tahu bahwa Google Play Store merupakan tempat dimana seorang pengguna android dapat mendownload berbagai aplikasi secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui jika ada seseorang memiliki aplikasi android dan aplikasi tersebut ada di Google Play Store maka harus mengeluarkan uang sekitar $25 (25 dollar US atau sekitar Rp. 350.000) seumur hidup. Ini adalah salah satu sumber pendapatan Google.

Jika ada pertanyaan lagi apakah seorang yang mengupload aplikasi tidak rugi ? Tergantung tujuannya, jika mengupload aplikasi sejenis bukalapak, tokopedia, dan berbagai aplikasi online shop maka tidak rugi, bahkan untung. Atau juga bisa menyisipkan iklan di aplikasi yang kita buat maka akan menguntungkan pembuat aplikasi tersebut. Sama-sama Android tetapi mengapa tampilannya berbeda ? Karena sistem operasi ini berbasis open source maka para pengembang lain dapat merubahnya. Misalnya saja Samsung Android tentunya berbeda dengan tampilannya dengan Sony Experia Android.

Sistem Operasi Dekstop Open Source

Jika android di kenal sebagai sistem operasi mobile maka Ubuntu adalah sistem operasi open source yang dikembangkan untuk dekstop baik itu laptop ataupun PC (Personal Computer). Selain ubuntu banyak juga sistem operasi open source namun yang paling banyak digunakan adalah Ubuntu ini. Untuk pembahasan masalah Ubuntu ini mungkin akan kita bahas lain waktu saja :D. Demikian pembahasan tentang Lebih Dekat Dengan Open Source. Semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *