Home » Tips Windows » Mengatasi Windows 10 Yang Lemot atau Lambat

Mengatasi Windows 10 Yang Lemot atau Lambat

Mengatasi Windows 10 Yang Lemot atau Lambat – Windows 10 merupakan sistem operasi dari Microsoft yang paling anyar. Windows 10 ini tidak seperti Windows 8 atau 8.1 yang memiliki banyak bug atau celah. Karena banyak bug ini akhirnya pihak microsoft merilis Windows yang lebih bagus dari pendahulunya yakni Windows 10.

Bagi Sobat Santri Drajat yang belum bisa move on dan masih menggunakan windows 7 mungkin ragu-ragu untuk menggunakan Windows. Tidak perlu bingung dan khawatir menggunakan Windows 10. Saya sendiri sudah cukup lama menggunakan Windows 10. Dan akhirnya saya pun puas menggunakan Windows 10.

Namun terkadang bagi orang awam atau belum begitu paham akan mengalami kendala menggunakan Windows 10 yakni Windows 10 yang terasa lemot atau lambat. Sebenarnya lemot atau tidak sebuah sistem operasi bukan karena Windowsnya. Namun ada faktor-faktor tertentu yang membuat Windows terasa lemot atau lambat. Mungkin lain waktu kita bahas. Sekarang kita Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot dan Lambat.

Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot dan Lambat

Instal Software Sewajarnya

Jika sobat pasrah kepada tukang service untuk menginstal software sebaiknya periksa kembali hasilnya instalannya. Hapus segera aplikasi atau software yang sekiranya tidak akan sobat gunakan. Jangankan digunakan, lah fungsi atau manfaat software tersebut saja tidak paham kok 😀 tapi jangan sampai uninstall driver 😀

Baca juga : Fungsi Driver di Sebuah Laptop atau Komputer

Bersihkan Cache dan History Aplikasi dan System

Cache merupakan rekam jejak apa saja yang kita lalukan di suatu sistem operasi atau aplikasi. Terkadang cache ini berguna agar lebih cepat untuk mengakses suatu program. Namun kalau terlalu banyak malah akan membuat Windows 10 menjadi lebih lambat atau lemot.

Untuk mengahapus cache ini caranya mudah. Cukup gunakan aplikasi CCleaner sebagai aplikasi yang akan menghapus cache-cache di Windows 10 sobat. Silakan baca “CCleaner Aplikasi Multifungsi” agar lebih jelas.

Lakukan Update

Fitur update di Windows 10 tidak bisa diremehkan. Windows 10 lebih sering melakukan update dari pada windows 8.1 atau di bawahnya. Update Windows 10 ini biasanya otomatis, kecuali fitur update ini sengaja dimatikan karena dianggap memboroskan kuota 😀

Tujuan dari update ini bertujuan agar bug atau kekurangan dari windows diperbaiki. Jadi tidak usah khawatir tentang update windows ini.

Gunakan Windows Tanpa Custom

Sistem operasi windows memang sering dibajak. Karena banyak peminatnya dan banyak dari para pengguna yang menginginkannya secara gratis. Apabila menggunakan bajakan biasanya windows yang dibagikan sudah di modifikasi atau dirubah oleh developer-developer. Saya kurang suka hal ini karena fitur original atau asli windows kadang tidak bisa aktif atau sengaja dihapus oleh developer.

Baca juga : Cara Instal Windows Yang Baik dan Benar

Silakan di coba cara mengatasi windows 10 yang lemot atau lambat di atas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *