Home » Tips Windows » Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya

Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya

Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya – Istilah dalam dunia internet ada banyak sekali. Jika dahulu saya jelaskan mengenai apa itu firewall dan cara kerjanya, maka sekarang kita akan belajar hal lain. Sekarang kita akan belajar apa itu proxy.

Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya

Pernahkah sobat mendengar istilah proxy ? Proxy merupakan penghubung atau jembatan pengguna ke internet. Seringkali proxy digunakan untuk menjaga privasi. Orang yang menggunakan proxy akan tidak langsung terhubung dengan internet. Seperti di gambar di bawah ini.

Baca juga : Cara Ampuh Menghemat Kuota Di Android

Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya

Terlihat di atas menunjukkan bahwa user atau pengguna internet tidak akan langsung terhubung dengan internet tetapi melalui proxy.

Contohnya saja seperti ini : Salah satu seorang mahasiswa di sebuah kampus untuk terkoneksi internet harus masuk situs proxy. Misalnya situs proxynya proxy.kampus.ac.id maka si mahasiswa harus masuk di proxy.kampus.ac.id melalui browser dengan memasukkan username dan password. Barulah setelah benar memasukkan username dan passwor mahasiswa akan terhubungan dengan internet.

Bagaimana ? Apakah sudah paham  ? 😀

Fungsi Proxy

Mengapa menggunakan proxy ? Apa fungsi dari proxy ? Di bawah ini penjelasan mengenai fungsi proxy.

Keamanan

Perpaduan antara firewall dan proxy akan membuat suatu jaringan lebih aman dari berbagai serangan. Proxy juga meminimalisir pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya proxy juga membuat browsing aman. Terutama ketika membuka website yang mengirimkan informasi sensitif namun koneksinya belum menggunakan SSL atau https.

Mempercepat Akses

Dengan menggunakan proxy maka kita tanpa sengaja telah meninggalkan cache di situs proxy tersebut. Hal ini dapat membuat browsing semakin cepat. Misalnya user A mengunakan proxy mengakses situs santridrajat.com dan setelah itu user B juga mengakses santridrajat.com maka user B akan lebih cepat mengaksesnya karena sudah terdapat cache browsing sebelumnya.

Mengakses Situs Yang Diblokir

Untuk dapat mengakses internet maka kita butuh provider internet. Ada banyak provider di tanah air yang menyediakan akses internet. Namun ada provider yang memblokir suatu situs dikarenakan melanggar undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Lain lagi jika menggunakan proxy, hal itu tidak terjadi lagi. Seorang user dapat mengakses berbagai situs dengan bebas. Namun ada pula proxy sendiri yang memblokir suatu situs dengan alasan tertentu.

Menyembunyikan Identitas

Pernah suatu kali, saya menggunakan proxy dan mencoba mengakses server salah satu blog saya, namun hasilnya gagal. Hal ini karena ketika kita menggunakan proxy maka IP kita akan random atau acak. Alias IP kita tidak jelas di mata server tersebut. Maka dengan alasan itulah ketika membuka server ditolak atau tidak bisa login.

Baca juga : 2 Cara Mempercepat Internet di Modem

Bagaimana ? Apa sobat sudah memahami betul tentang Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya dan juga fungsi dari proxy ? Jika belum paham baca Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya ini lagi ya. Jika ada yang salah dari artikel ini mohon maaf. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *