Cara Aman Membeli Produk Di Marketplace Facebook dan Instragram

Cara Aman Membeli Produk Di Marketplace Facebook dan Instragram – Berbelanja di sosial media saat ini memang mengasyikkan. Sosial media saat ini tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dengan teman atau pengikut saja namun juga dapat digunakan untuk transaksi jual beli.

Tidak diragukan lagi berjualan saat ini banyak dilakukan karena dianggap mudah. Kita tinggal upload foto produk dan harga. Beres. Tapi dibalik itu ada celah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan tindakan penipuan.

Baca juga :  5 Situs Pemendek URL Terbaik Saat Ini

Beberapa waktu yang lalu kita dihebohkan dengan adanya berita viral yang mana adanya pembeli yang tidak terima dengan produk yang dibeli dengan cara COD dengan kurir. Berita ini banyak bersliweran di sosial media. Detail transaksi penjual dan pembeli ini saya tidak begitu mengikuti.

Kejadian seperti di atas semoga tidak terulang kembali karena sangat tidak nyaman. Penjual tidak nyaman, pembeli tidak nyaman, apalagi kurirnya juga tentu kurang nyaman karena tugasnya hanya mengantar kiriman atau paket saja, tanpa tahu isi paket itu seperti apa.

Baca juga :  Cara Memilh Nama Domain Untuk Toko Online

Jika sobat melakukan transaksi di marketplace maka sebaiknya berhati-hati. Karena beberapa alasan yang akan kami jelaskan. Ada beberapa point yang mana menjadi kelemahan ketika ketika bertransaksi jual beli, terutama Facebook dan Instagram. Berikut ini daftar nya :

Cara Aman Membeli Produk Di Marketplace Facebook dan Instragram

 

COD tapi Barang Tidak Sesuai

Penipuan ini yang paling mudah. Sebagai pembeli kita biasanya ingin melakukan tanpa ribet. Apalagi jika tidak memiliki mobile banking atau pembayaran online sebagai metode pembayaran nya. COD merupakan solusinya.

Terlihat aman, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu sebelum datang. Tapi kenyataannya berbeda setelah barang dan membuka paket yang diterima isinya berbeda jauh yang kita harapkan. Dan akun penjual produk tiba-tiba saja hilang.

Baca juga :  Solusi Mengatasi Kartu Indosat Yang Hangus, 100% Work

Sudah Membayar Tapi Barang Tidak Dikirim

Jangan pernah melakukan transaksi demikian. Anda sudah transfer terlebih dahulu kepad pihak yang tidak Anda ketahui pasti lokasi nya dimana dan siapa yang berjualan. Hal ini masih saja dilakukan orang yang masih awam, karena terlalu percaya kepada penjual yang tidak jelas.

Baca juga :  Macam-Macam Modus Penipuan, Harap Hati-hati

COD Tapi Waktu Datang Tidak Pasti

Ketika memesan sebuah barang biasanya kita akan berharap barang yang kita pesan segera sampai. Tapi lain lagi jika kita memesan barang via sosial media. Kalau penjualnya segera mengirim produk dan menginformasikan nomor resi tentu tidak masalah. Tapi bagaimana jika penjualnya slow respon atau lambat responnya. Tentunya akan berfikir, apakah produk sudah dikirim? Barang sampai dimana? Apakah penipun ?

Baca juga :  Layanan Pasca Bayar Kartu Halo By Telkomsel

Perlu Pihak Ketiga Yaitu Marketplace

Marketplace merupakan solusi bagi para pembeli dan penjual jika ingin melakukan transaksi yang benar-benar aman. Karena dengan adanya marketplace akan ada tanggung jawab sebagai pembeli dan juga penjual.

Marketplace sebagai jembatan atau perantara antara kedua belah pihak (Penjual dan Pembeli) akan sangat bermanfaat. Manfaat marketplace yaitu :

  1. Uang Aman – Apabila barang tidak sesuai maka uang pembeli akan di tahan di marketplace dan dapat ditarik oleh pembeli lagi.
  2. Update Pesanan : Tidak perlu bingung kapan produk dikirimkan. Sobat bisa cek langsung di marketplace secara real time
Baca juga :  Alasan yang Membuat Orang Enggan Berbelanja Online

 

Tips Transaksi Online Dengan Aman dan Nyaman

Jangan Mudah Percaya Dengan Harga Murah

Sebaiknya sobat hati-hati dengan produk yang harganya jauh di bawah pasaran. Orang yang berniat menipu ini biasanya akan mengatakan bahwa dengan promo atau apa sehingga harga barang miring. Miringnya sungguh terlalu. Hahaha. Pilih produk dengan harga yang wajar dan normal.

Hindari Transaksi Langsung dan Gunakan Marketplace Sebagai Jembatan Penghubung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bawah marketplace ini sebagai jembatan yang aman. Karena uang kita aman, dan untuk menghindari produk yang tidak sesuai. Untuk pilihan marketplace saat yang mudah digunakan ada beberapa. Misalnya Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak. Ketiganya sama-sama mudah digunakan. Untuk upload produk dari HP (handphone) pun bisa dilakukan.

Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan kita semua.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *