Home » Word » Mengoptimalkan Gambar di Microsoft Word

Mengoptimalkan Gambar di Microsoft Word

Mengoptimalkan Gambar di Microsoft Word – Sebuah gambar dapat di masukkan di dalam dokumen microsoft word. Gambar di dalam microsoft dapat digunakan untuk memperjelas isi dokumen tersebut. Jenis file yang dapat di masukkan di dalam word adalah JPEG, PNG, GIF dan lainnya, umumnya 3 jenis gambar tersebut. Baca juga : Cara Mudah dan Praktis Membuat Cover Makalah


Cara memasukkan di dalam word adalah mudah, kita tinggal menarik gambar yang di inginkan ke dalam word. Atau dengan memanfaatkan menu Insert – Pictures -pilih gambar/image. Memang cukup mudah untuk memasukkan gambar di microsoft word. Tetapi jika gambar tersebut ukuran besar misalnya 3MB maka akan membuat kesulitan ketika mengedit file tersebut.


Sebuah gambar yang ukurannya besar dan di masukkan ke dalam word akan menyebabkan file dokument word membengkak. Biasanya dokumen word yang isinya beberapa halaman saja akan berukuran di bawah 1 MB. Tetapi jika dimasukkan gambar yang ukuran gambar 2Mb atau lebih maka akan menyebabkan file word tersebut menjadi sekitar 3MB bahkann lebih.

Dan ketika kita memasukkan gambar yang ukuran besar maka akan membuat pengaturan dokumen menjadi sulit, terlebih ketika akan menyimpan file karena ukurannya jumbo tersebut. Pernah suatu ketika saya membuka satu dokumen word yang ukuran di atas 20MB pada saat membuka file tersebut loadingnya menjadi lama.

Loading lama buka karena komputer lemot namun memang dokumen tersebut tidak biasa, banyak foto berukuran besar. Dan juga untuk mengedit dokumen tersebut pada bagian yang ada fotonya akan terasa bedanya dengan dokumen tanpa foto.

Jadi dapat di simpulkan bahwa jika memasukkan foto atau gambar yang ukuran besar ke dalam microsoft word akan :

  1. Loading membuka file lama
  2. Kesulitan mengedit file word tersebut
  3. Ukuran file word menjadi besar

Mengoptimalkan Gambar di Microsoft Word

Untuk itu perlu adanya pengeditan gambar ukuran menjadi kecil. Ada beberapa cara untuk mengkompres gambar menjadi kecil :

1. Dengan Paint

Paint merupakan program bawaan dari windows. Dapat digunakan untuk memperkecil gambar yakni dengan cara :
a. Buka gambar yang akan di kecilkan kemudian tekan tombol PrtSc (print screen)
b. Kemudian buka tombol start windows – accessories – paint
c. Tekan bersamaan tombol ctrl+v (paste)
d. Kemudian save dengan format PNG atau JPEG maka hasilnya akan relative lebih kecil

2. Dengan Photoshop

Photoshop merupakan editor photo yang dapat diandalkan untuk mengedit berbagai jenis photo. Namun kali ini kita akan mengkompres foto yang ukuran besar menjadi kecil
a. Buka photoshop
b. Klik menu open file (ctrl+o) kemudian pilih foto yang akan di kecilkan
c. Jika sudah langsung tekan tombol ctrl+alt+shift+s
d. Maka muncul jendela baru kemudian pilih save di bagian kanan atas
e. Maka otomatis ukuran file gambar akan menjadi kecil
f. Jika kurang kecil, pada bagian image size rubah ukuran menjadi lebih kecil

cara mengoptimalkan gambar di microsoft word


Barulah setelah mengecilkan ukuran gambar seperti di atas kemudian di masukkan di dokumen word. Gambar yang di masukkan di word dengan cara di atas hanya untuk gambar pendukung dokumen bukan untuk mencetak foto dengan hasil maksimal. 

Dan jika menginginkan foto yang hasilnya maksimal jangan kecilkan foto seperti di atas. Dan sebaiknya jangan mencetak menggunakan microsoft word, cetak menggunakan corel draw atau photoshop saja biar hasilnya bagus dan maksimal. Demikian cara Mengoptimalkan Gambar di Microsoft Word. Dan jangan lupa share artikel Mengoptimalkan Gambar di Microsoft Word ini ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *