Home » Software » Cara Mengatasi Apache XAMPP Yang Tidak Bisa Start

Cara Mengatasi Apache XAMPP Yang Tidak Bisa Start

Cara Mengatasi Apache XAMPP Yang Tidak Bisa Start – Jika beberapa waktu yang lalu kita membahas tentang apa itu XAMPP maka sekarang kita akan membahas permasalahan yang kadang terjadi di XAMMP ini.

Permasalahan yang terkadang terjadi di XAMPP adalah tidak running. Artinya ketika Apache kita jalankan maka yang terjadi adalah tidak bisa Start. Aktif cuma beberapa detik. Tentu hal ini sangat mengganggu. Saya pun pernah mengalami hal demikian. Bingung rasanya. Setelah saya searching yang harus dilakukan adalah mengganti port dengan port yang lain. Bagaimana cara mengatasi Apache XAMPP yang tidak bisa Start ? Simak tutorialnya di bawah ini.

Baca juga : Biaya Untuk Membuat Website atau Blog

Cara Mengatasi Apache XAMPP Yang Tidak Bisa Start

Cara Mengatasi Apache XAMPP Yang Tidak Bisa Start

  1. Silakan masuk di folder C:\xampp\apache\conf Folder ini berada dimana kita menginstal XAMPP. Misalnya saja kita menginstal XAMPP di Lokal C.
  2. Di Folder apache – conf cari file dengan nama “httpd.conf” kemudian buka dengan notepad atau juga bisa dengan aplikasi lain misalnya : Notepad++ atau Dreamweaver atau juga bisa notepad bawaan windows
  3. Cari “Listen 80” kalau pada XAMPP yang saya pakai sekarang ini berada di baris 57. Ganti Port 80 menjadi 8080. Bisa berbeda apabila berbeda versi XAMPP.
  4. Kemudian ganti juga ServerName-nya pada baris 223 menjadi 8080 sepertinya halnya port listenernya
  5. Kemudian restart XAMPP yang sobat gunakan.

Baca juga : Desain Blog Yang Disukai Pengunjung

Jika belum berhasil coba uninstal dan gunakan XAMPP yang paling baru. Karena juga pernah demikian. Saya menggunakan versi XAMPP lama tapi tak ada perubahan setelah saya otak atik. Akhirnya saya putuskan untuk uninstal dan pasang yang terbaru. Dan akhirnya XAMPP berjalan normal. Sekian dulu tentang cara mengatasi apache XAMPP yang tidak bisa start. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *