Home - Tips Android - Langkah Terbaik Menjaga Keamanan HP Android, Lakukan Sekarang !

Langkah Terbaik Menjaga Keamanan HP Android, Lakukan Sekarang !

Langkah Terbaik Menjaga Keamanan HP Android, Lakukan Sekarang ! Menjaga Keamanan HP Android. Tidak dapat dipungkiri bahwa handphone telah menjadi alat yang penting untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari.

Gadget ini tidak hanya berguna untuk kehidupan dan hubungan pribadi masyarakat, tetapi juga untuk transaksi bisnis, tugas perusahaan dan pekerjaan sekolah. Memang di era modern ini, iPhone dan ponsel Android sudah menjadi kebutuhan. Perangkat tersebut memiliki 5,19 miliar pengguna dan juga menjadi sasaran utama para penjahat dunia maya.

Setelah dipasarkan, ponsel ini telah diinstal sebelumnya dengan versi terbaru dari sistem operasi dan fitur keamanan. Produsen juga menyediakan pembaruan perangkat lunak rutin untuk memperbaiki bug dan kerentanan. Terlepas dari tindakan lain yang diambil, keamanan telepon bukanlah pekerjaan seseorang, ini adalah tanggung jawab bersama dari perusahaan manufaktur dan pengguna.

Langkah Terbaik Menjaga Keamanan HP Android, Lakukan Sekarang?

Langkah-langkah Menjaga Keamanan HP

Hanya karena menggunakan Hp rentan terhadap risiko dan bahaya tertentu, tidak berarti Anda harus berhenti menggunakannya. Ancaman ini harus dilihat sebagai pengingat akan pentingnya tindakan pengamanan.

Baca juga :  Fungsi Akun Mi Cloud Xiaomi

Berikut langkah yang harus dilakukan untuk menjaga keamanan HP

1. Lindungi PIN atau kata sandi

Hanya membuat PIN atau kata sandi saja tidak cukup, Anda harus menggunakan informasi login telepon yang rumit dan sulit. Hindari menggunakan tanggal lahir dan kode pola dasar, serta kode daur ulang atau PIN bekas. Anda juga disarankan untuk mengubah PIN dan kata sandi Anda setidaknya setiap tiga bulan dan mengaktifkan otentikasi multi-faktor atau dua faktor.

Baca juga :  Mengatasi Kamera HP Force atau Error

2. Kunci otomatis

Terkadang, seseorang dapat mengakses ponsel tanpa keahlian hacking khusus. Biasanya, pengguna ponsel tidak mengaktifkan fungsi kunci otomatis, dan siapa pun dapat melihat ponsel secara fisik. Pastikan untuk menyiapkan kunci otomatis untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya kecuali Anda dapat melihat atau mengaksesnya. Selain itu, harap atur aplikasi Anda agar tidak menampilkan informasi apa pun, seperti pemberitahuan dan pesan, di layar kunci.

Baca juga :  Efek Menghapus Cache Aplikasi di Android

3. Enkripsi data

Enkripsi adalah proses mengubah teks biasa menjadi format data yang tidak dapat dibaca yang disebut ciphertext. Telepon diberi makan dan terus memproses data dalam jumlah besar. Salah satu cara untuk menjaga keamanan semua informasi ini adalah dengan mengaktifkan enkripsi data.

Baca juga :  Cara Menghapus Virus Malware di Android

4. Menghapus dan mencadangkan data

Ponsel Anda hilang atau dicuri sangat berbahaya karena Anda tidak tahu cara menggunakan perangkat atau apakah akan jatuh ke tangan orang lain. Saat Anda mengonfirmasi bahwa ponsel Anda hilang secara permanen, yang terbaik adalah menghapus semua konten dari jarak jauh. Inilah mengapa Anda harus selalu mencadangkan data Anda.

Umumnya, Anda dapat menggunakan alat telepon bawaan seperti “Temukan iPhone Saya” dan “Temukan Perangkat Saya” untuk menemukan telepon Anda, menguncinya, dan menghapus data dari jarak jauh.

Baca juga :  2 Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1

5. Pembaruan sistem dan perangkat lunak aplikasi

Produsen secara teratur merilis versi baru dari sistem operasi mereka dan pembaruan baru dari program perangkat lunak mereka. Ini adalah aplikasi yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel Anda, pastikan untuk mengunduh dan / atau menginstal pembaruan jika tersedia, karena biasanya digunakan untuk menambal bug dan kerentanan keamanan seluler.

Baca juga :  Pengertian Ruang Kedua Di Xiaomi dan Manfaatnya

6. Gunakan aplikasi yang disetujui dan dipercaya secara resmi

Terus gunakan aplikasi yang tersedia di pasar ponsel resmi App Store atau Google Play. Aplikasi yang tersedia di platform telah diverifikasi dan diperiksa, sehingga tidak mungkin terinfeksi atau menipu.

Selain itu, pastikan untuk mengunduh dan hanya menggunakan aplikasi yang memiliki reputasi dan tepercaya. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat melakukan riset online di aplikasi dan memeriksa ulasan pengguna.

Baca juga :  Instal Aplikasi di SD Card Android Dengan Mudah

7. Jaringan dan koneksi pribadi

Privasi pertama-tama harus memastikan bahwa semua koneksi dan akses bersifat pribadi-dari jaringan pribadi ke browser pribadi. Sangat disarankan untuk menggunakan jaringan pribadi virtual yang andal, terutama jika Anda tidak dapat menghindari koneksi ke WiFi publik.

Baca juga :  Cara Melewati Verifikasi Akun Google Setelah Factory Reset

8. Anti-virus / anti-malware

Untuk menambahkan lapisan perlindungan ekstra, instal perangkat lunak anti-virus atau anti-malware di ponsel Anda. Dengan memprogram aplikasi keamanan tersebut, Anda dapat secara teratur memeriksa perangkat untuk mencari ancaman dan mengisolasinya saat ancaman ditemukan.

Baca juga :  Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

9. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang tidak terpakai dapat menjadi pintu masuk bagi para peretas, terutama jika aplikasi tersebut tidak diperbarui secara berkala. Jika Anda tidak lagi menggunakan aplikasi, yang terbaik adalah mencopot pemasangannya atau menghapus akun yang dibuat pada aplikasi tersebut. Jika ini adalah aplikasi media sosial, pastikan untuk menonaktifkan akun Anda sebelum mencopotnya untuk menghapus data.

Baca juga :  Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut

Kesimpulan

Ini adalah tanggung jawab bersama untuk memastikan keamanan ponsel. Dalam kebanyakan kasus, pabrikan akan tetap menutup transaksi, dan kompromi disebabkan oleh pelanggaran di pihak pengguna. Menjadi pengguna seluler yang bertanggung jawab dan bijaksana. Bagaimanapun, resikonya terletak pada data dan informasi Anda.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *