Home » Tips Windows » Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting – Permasalahan pada laptop terkadang datang tak terduga. Salah satu permasalahan yang terkadang terjadi adalah laptop tidak bisa booting. Booting merupakan proses start up atau shutdown pada sistem operasi.

Permasalahan yang terjadi ketika menyalahkan laptop ini sendiri pernah saya alami ketika menginstal windows teman. Beberapa kali instal tetap saja Windows tidak mau menyalah. Namun akhirnya terselesaikan juga kendala tersebut. Mengapa terjadi gagal booting pada windows ? Yuks kita bahas disini Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

Baca juga : Cara Mempercepat Booting Android

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

– Sistem Operasi Bermasalah

Crash pada Windows merupakan salah penyebab mengapa laptop tidak bisa booting. Ada beberapa permasalah crash windows ini, yang sering terjadi adalah blue screen (layar biru). Yang mana yang tampil dilayar laptop adalah warna dasar biru dengan disertai kode-kode tertentu.

Blue screen ini bisa di repair atau perbaiki dengan cara menggunakan DVD installer. Namun saya sendiri tidak mau ambil pusing apabila terjadi blue screen ini. Biasanya apabila terjadi blue screen akan saya instal ulang saja. Lah bagaiman lagi, karena belum tentu cara tertentu berhasil. Daripada ribet maka dari itu saya instal ulang saja.

Baca juga : Benarkah Instal Ulang Windows Dapat Mempercepat Kinerja Windows ?

– Overheating Pada Hardware

Overheating merupakan panas yang berlebihan pada perangkat keras. Perangkat Keras atau biasa disebut hardware merupakan salah satu faktor kenapa sampai terjadi gagal booting atau laptop tidak bisa  booting. Jika hal ini terjadi coba cek bagian kipas di prosesor. Jika tidak berjalan atau lambat maka segeralah ganti agar laptop sobat bisa booting dan menjalankan sistem operasi dengan sempurna.

Baca juga : Fungsi Dari Fan (Kipas) Pada Komputer

– RAM Bermasalah

Pemasangan RAM yang kurang tepat dapat menyebabkan laptop gagal booting. Bisa juga karena sobat upgrade RAM namun tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Karena setiap RAM berbeda. Karena itulah apabila sobat upgrade RAM coba cek dengan detail seperti apa spesifikasi RAM laptop sobat.

Dan bisa juga RAM sobat rusak. Untuk mengeceknya silakan coba pada laptop yang spesifikasinya sama. Jika dilaptop tersebut gagal booting juga berarti RAM sobat mengalami kerusakan. Dan jika hal ini terjadi segera ganti dengan RAM baru. Atau jika kurang yakin bisa dibawah ke tukang servis laptop.

Cukup mudah bukan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting. Mudah diterapkan pula. Jika terjadi permasalahan yang penyebabnya selain 3 hal di atas, sobat bisa share di kolom artikel ya. 🙂 Sekian dulu tentang Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *