Home » Tips Windows » Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem Penggunaan hardisk yang tidak wajar bisa menyebabkan error atau bahkan kerusakaan. Salah satu tanda apabila hardisk mengalami kerusakaan adalah muncul pesan Windows Detected a hardisk Problem. Apabila di artikan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih maknanya adalah Windows telah mendeteksi masalah hardisk.

Baca juga : Cara Mengatasi Android Root Yang Lemot

Ada yang mengatakan bahwa penyebab munculnya pesan ini adalah bad sector. Bad sector sendiri penyebabnya adalah komponen dari hardisk yang digunakan sudah tidak berfungsi secara optimal. Berkurangnya fungsi komponen hardisk ini karena faktor usia atau juga penggunaan hardisk yang kurang tepat.

Cara Mengatasi Hardisk Error windows detected a harddisk problem

Untuk mengatasi error hardisk sehingga menyebabkan munculnya pesan “windows detected a harddisk problem” maka kita harus mengutak atik registry windows tersebut. Caranya agak ribet tapi saya harapkan panduan ini bisa dipahami.

1. Silakan tekan tombol windows+R secara bersamaan kemudian muncul aplikasi RUN.

2. Pada kolom yang tersedia ketikan “gpedit.msc” tanpa tanda petik

Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

3. Tunggu beberap saat maka muncul Local Group Policy Editor

4. Kemudian pilih Computer Configuration – Administrative Templates – System – Troubleshooting and Diagnostic – Disk Diagnostic

Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

5. Pada menu sebelah kanan Disk Diagnostic  terdapat dua settingan yang harus diubah yaitu : Disk Diagnostic Configure Custom Alert Text dan Disk Diagnostic Configure Execution Level. Kedua setingan tersebut menjadi Disable dengan cara : Klik dua kali setingan tersebut lalu pilih Disable dan klik tombol OK.

Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem

6. Selanjutnya restart windows yang digunakan tersebut.

Langkah-langkah di atas merupakan langkah untuk menonaktifkan peringkatan kerusakan hardisk atau bisa disebut juga menyembunyikan peringatkan. Jadi bukan memperbaiki hardisk. 😀 Demikian sedikit tentang Solusi untuk Windows Detected a hardisk Problem. Semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *