Home - INTERNET - Ciri Email SPAM, Scam dan Phising

Ciri Email SPAM, Scam dan Phising

Ciri Email SPAM, Scam dan Phising – Inbox atau kotak masuk email yang penuh gara-gara email yang tidak penting adalah hal yang tidak saya senangi, mungkin termasuk anda. Sebenarnya SPAM, Scam dan juga pishing adalah hal mirip. Bedanya adalah SPAM cenderung berpromosi menggunakan email dan Scam dan Phising bertujuan menipu.Jika ada email yang masuk ke folder SPAM maka harap hati-hati, jangan mudah tertipu untuk mengklik URL tertentu. Kalau perlu langsung saja hapus bila memang dirasa tidak penting. Namun terkadang ada beberapa email SPAM yang masuk ke dalam inbox dan tidak masuk pada folder SPAM, bagaimana mengatasi hal ini ? Mudah saja, pilih email atau tandai dan masukkan ke dalam folder SPAM maka ke depannya bila ada email sejenis maka akan otomatis masuk ke dalam folder SPAM.

Baca juga : GMail, Email Gratis Rasa Premium

Agar lebih hati-hati pelajarilah ciri-ciri Email SPAM, Scam dan Phising ini. Dibawah ini ada beberapa Ciri Email SPAM, Scam dan Phising yang dapat dijadikan refensi :

  1. Adanya Link Tersebunyi. Link yang disembunyikan ini berisi URL atau alamat yang dapat menyesatkan orang dikirim email dan ketika mengklik akan mendownload software yang bisa saja memata-matai komputer atau bahkan berisi virus jahat
  2. Ada email yang meminta balasan namun antara alamat email pengirim dan yang akan di balas berbeda namun mirip. Maksutnya bagaimana ? Misalnya saja email pengirim admin@sukseskarir.us namun perintah untuk membalas di email adminsukseskarir@gmail.com . Email jenis ini biasanya digunakan untuk mengelabui orang yang mencari kerja untuk ditipu karena diharuskan membayar terlebih dahulu sebelum bekerja.
  3. Email berisi pemberatahuan menang suatu hadiah padahal tidak pernah ikut lomba atau kuis.
  4. Meminta uang untuk dikirim ke rekening tertentu dengan asalan donasi kemanusiaan. Boleh saja membantu sesama asalkan tepat sasaran.
  5. Berisi tentang akun sosial media yang diretas. Ini biasanya menggunakan domain yang mirip. Misalnya faceboook.com tentunya mirip dengan facebook.com kan. Jadi harus hati-hati

Mungkin ada Ciri Email SPAM, Scam dan Phising yang belum saya sebutkan. Namun secara garis besar mirip dengan 5 point di atas yang sudah saya sebutkan dan saya jelaskan. Sekian mengenai Ciri Email SPAM, Scam dan Phisin. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *