Home » Software » LiFi Teknologi Pengganti WiFi

LiFi Teknologi Pengganti WiFi

LiFi Teknologi Pengganti WiFi – Wifi (Wirelles Fiderity) adalah teknologi yang dapat digunakan untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio yang dijalankan menggunakan jaringan komputer. Banyak sekali manfaat menggunakan wifi ini. Kita dapat saling bertukar dari dari satu komputer ke komputer lain tanpa menggunakan kabel. Bisa juga dimanfaatkan untuk koneksi internet.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Android Samsung Lemot

Saat ini kabel yang dapat menghantar data yang tercepat adalah fiber optic. Namun perlu diketahui bahwa kabel fiber optic ini tidak dapat langsung menghantarkan langsung ke komputer klien. Maka dari itu perlu adanya kabel khusus yang dapat menghantarkan ke komputer ataupun wifi untuk menerima data tersebut. Fiber optic merupakan kabel dari serat kaca yang dapat menghantar data dengan sangat cepat. Maka dari itulah kecepatan data fiber optic hampir sama dengan kecepatan cahaya.

Berawal dari inspirasi fiber optic, yakni menghantarkan data dengan kecepatan cahaya maka lahirnya teknologi LiFi. Lifi merupakan teknologi yang memanfaatkan cahaya sebagai perantara penghantar data dan tidak lagi menggunakan gelombang radio seperti WIFI.

Teknologi LiFi sendiri pertama kali dikembangakan oleh pihak Oxford University dan University College. Istilah LiFi yang merupakan kepanjangan dari “Light Fiderity” ini pertama kali digunakan Harald Hass dalam bukunya yang berjudul 2011 TED Talk. Dan juga telah didemonstrasikan di Consumer Eletric Show di Las Vegas pada tahun 2012.

Cara Kerja LIFI

Cara kerja LiFi sebenarnya hampir sama dengan WIFI. Pertama harus adanya sumber cahaya pada perangkat pengirim seperti LED, kedua disisi penerima adanya detektor atau penangkap data dan menggubahnya menjadi biner 1. Ketika cahaya pengirim mulai bersinar dalam jangka waktu tertentu maka perangkat penerima akan menangkap gelombang tersebut dan menerjemahkan sebagai sebuah pesan.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *