Home - Software - Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Software Open Source

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Software Open Source

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Software Open Source – Software secara lisensi terbagi menjadi 2 jenis yakni Close Source dan Open Source.

Close Source Software merupakan software yang sumbernya tertutup. Dan apabila orang lain tidak diperbolehkan merubah software ini. Contonya software yang Close Source Software adalah Microsoft Office. Untuk bisa menggunakan software ini secara legal maka harus membeli lisensinya.

Berbeda dengan Software Open Source. Software ini merupakan software yang bisa digunakan secara bebas dan gratis. Arti bebas disini adalah sofware ini bisa dikembangkan atau dirubah sesuai dengan selerah (Jika sudah mampu merubah software = developer).

Baca juga :  Kekurangan Tethering Dari HP Android

Pada umumnya software open source digunakan di sistem operasi yang juga open source seperti Ubuntu.

Software Open Source ini jangan dianggap remeh. Walaupun gratis dan bebas tentunya memiliki kelebihan. Dan tentu juga memiliki kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari software open source ini ?

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Software Open Source

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Software Open Source

Kelebihan Software Open Source

Legal dan Bebas Lisensi

Bagi yang tidak ingin ribet masalah lisensi gunakan saja software open source. Sobat Santri Drajat tidak akan mengalami blokir software karena mengunakan software open source ini.

Tidak perlu lagi menggunakan crack dan lain sebagainya. Karena software sistemnya bebas, siapapun bisa menggunakannnya. Dan yang paling penting gratis.

Baca juga :  Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

Bisa Dikembangkan

Sobat yang berstatus developer bisa mengembangkan software open source. Inilah kelebihan open source. Sobat yang kreatif dan bisa mengembangkan software maka sobat bisa menggunakan sumber dari software open source ini.

 

Tidak Ada Pembajakan

Istilah pembajakan tidak ada di dalam software open source. Karena bebas dan gratis siapappun bisa memiliki software jenis ini. Tidak perlu mencari lisensi atau kode aktivasi untuk menggunakan software secara penuh.

Baca juga : Driver Booster : Sebuah Solusi Untuk Yang Butuh Driver Terbaru

Kekurangan Software Open Source

Dukungan dan Marketing Pengembang Minim

Pemasaran software Open Source biasanya sangat minim. Hal ini karena banyak orang menganggap bahwa software open source kurang berkualitas. Hal ini kurang tepat. Karena banyak juga software yang sifatnya open source sering membantu dalam aktifitas kita.

Baca juga :  Review Maxthon Browser

Dana Pengembangan Minim

Kalau software Close Source akan mendapatkan dana pengembangan dari menjual lisensi tapi hal ini tidak berlaku di software open source. Para pengembang dengan suka rela mengembangkan software buatan mereka.

Namun biasanya mereka membuka open donation. Artinya siapapun bisa menyumbang untuk pengembangan software ini.

Baca juga :  Aplikasi Media Player Rekomendasi Di Windows

Tampilan Sederhana dan Simpel

Software open source biasanya fokus pada fungsi. Sebenarnya software tidak terlalu penting menggunakan tampilan ribet. Karena kadang software tampilan bagus malah membuat lambat sebuah sistem operasi. Tapi kalau terlalu sederhana kadang malah membuat cepat bosan 😀 Ya tampilan sewajarnya saja yang penting software bisa berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari software open source. Kalau sobat tertarik dengan software-software yang sifatnya open source bisa mendownloadnya secara langsung dan gratis di internet.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *