Home - Tips Windows - RAM Dan Sejarah Perkembangannya

RAM Dan Sejarah Perkembangannya

RAM Dan Sejarah Perkembangannya – RAM (Random Acces Memory) merupakan salah satu bagian dari sebuah komputer. RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara. Sementara, menyimpan ketika hanya komputer aktfif saja.
Gambaran sederhananya seperti ini : Ketika seseorang menjalankan sebuah aplikasi, maka komputer tersebut menyimpan data dari aplikasi tersebut di RAM bukan di hardisk, dan itu bersifat sementara. Ketika suatu data aplikasi di simpan untuk digunakan atau di buka lagi di masa yang akan datang maka di simpan di hardisk.  

RAM Dan Sejarah Perkembangannya

ram dan sejarah perkembangannya

 

Baca juga : Cara Mempercepat Booting WindowsSemakin besar RAM maka akan semakin besar kemampuannnya untuk menjalankan aplikasi. Misalnya saja sebuah aplikasi ketika sedang berjalan membutuhkan RAM 270 MB maka dengan RAM 1GB dapat menjalankan aplikasi tersebut. Berbeda lagi dengan software aplikasi yang membutuhkan RAM besar seperti aplikasi desain gratis eee grafis, atau software editor video, kebanyak dari aplikasi tersebut membutuhkan banyak RAM.


Kenapa tidak di simpan di hardisk saja, kenapa harus di RAM? Hardisk hanya dapat digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya permanen bukan sementara, ketika di proses. Karena struktur dari RAM dan Hardisk jelaslah berbeda.

Untuk melihat suatu RAM yang sedang berjalan dapat menggunakan Task Manager. Gambar di bawah menunjukkan aplikasi yang sedang berjalan.

ram dan sejarah perkembangannya

Sejarah RAM (Random Acces Memory)

Perusahaan Intel merupakan perusahaan yang pertama kali mengenalkan RAM, sekitar tahun 1960an. Pada awal pengenalan RAM masih di sebut DRAM. RAM ditemukan oleh RObert Denard dan kemudian di produksi secara massal pada tahun 1968 oleh intel. Kala itu kecepatan RAM 4,77 MHz. Sangat kecil untuk ukuran sekarang, karena HP zaman sekarang saja sudah ada yang memiliki ram kecepatannya melebihi komputer.

Daftar Perkembangan RAM Dari Masa Ke Masa

-DRAM (Dynamic Random Access Memory)

IBM Menciptakan tahun 1970 dengan kecepatan 4,77MHz sampai 40 MHz
-FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
FPM DRAM lebih dikenal dengan FPM. FPM memilik keceptan 16MHz sampai 66MHz
-EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini digunakan pada prosesor intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama.
-SD RAM  (Synchoronous Dynamic RAM)
SD RAM di kenalkan pada tahun sekitar 1996-1997. SD RAM ini di kenal dengan SD RAM PC 66. 66 memiliki makna bahwa kecepatan RAM ini adalah 66 MHz. Setelah itu muncul SD RAM PC 100 yang kemudian digunakan untuk prosesor intel generasi kedua. Selanjutnya tahun 1999, SDRAM PC 133 muncul ke pasaran, dan berkembangan sampai PC 150.
-DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)
Tahun 1999, dua perusahaan teknologi saling bersaing, Intel dan AMD. Kedua perusahaan ini bersaing meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing. Jika meningkatkan kinerja prosesor maka RAM juga harus besar. Dan akhirnya munculnya RAM yang dapat mengimbangi kinerja prosesor berbasis Intel dan AMD ini. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM) merupakan solusi untuk kedua perusahaan ini. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM) ini di kenal dengan RAM DDR1.
-DDR2 SDRAM
Pada tahun 2005 muncul generasi RAM anyar, yakni DDR2. Kebetulan komputer saya yang saya gunakan ini menggunakan RAM jenis ini. 😀 Kecepatan dari RAM ini tentunya lebih baik dari versi sebelumnya. RAM jenis ini bisanya digunakan di prosesor Pentium 4 sampai Core Duo.
-DDR3 SDRAM
DDR3 merupakan kakaknya RAM DDR2. Dengan kecepan lebih baik dari versi sebelumnya. RAM ini dapat digunakan di prosesor Curo 2 Duo sampai Core i7.
-DDR4 SDRAM
Ini adalah ram yang belum saya temui bentuknya 😀 . Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca RAM jenis ini di kenalkan pada tahun 2014 tetapi baru dapat digunakan pada tahun 2015. Untuk harga belum banyak yang tahu karen belum banyak digunakan.

Kebutuhan RAM

Kebutuhan RAM Suatu komputer atau laptop antara satu orang dengan yang lain. Karena perbedaan aplikasi yang digunakan. Bisa saja Mas Itu RAM sampai sebesar 3GB karena digunakan untuk editing photo namun untuk si mas INI hanya butuh RAM 1 GB. Karena hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi harian, microsoft word, excel dan sebagainya. Jadi kebutuhan RAM berbeda. Jika kapasitas RAM anda kurang memadai silakan di upgrade namun perhitungkan berapa maksimal RAM untuk prosesor Anda.

Itulah sedikit gambaran mengenai RAM Dan Sejarah Perkembangannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel RAM Dan Sejarah Perkembangannya ini ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *