Fakta Ransomware Adalah Virus Berbahaya

Fakta Ransomware Adalah Virus Berbahaya, Belum Banyak Yang Tahu! – Virus komputer saat ini beragam sekali. Dan akhir-akhir yang sedang trending yaitu Virus Ransomware. Seperti apa jenis virus ini? Bagaimana cara mengatasi. Berikut ini ulasannya.

Virus Ransomware Adalah?

Virus ransomware, atau sering disebut juga dengan virus gembok atau virus penyekatan, adalah sebuah jenis virus komputer yang menyerang sistem komputer dengan tujuan meminta uang tebusan dari pemiliknya. Virus ransomware ini biasanya bekerja dengan cara mengenkripsi seluruh data pada sistem komputer seperti foto, video, dokumen, dan file penting lainnya. Setelah terenkripsi, file-file tersebut tidak dapat lagi diakses oleh pengguna dan hanya bisa diakses kembali dengan membayar tebusan kepada sang pembuat virus.

Virus ransomware biasanya menyebar melalui email phishing atau malware. Email phishing sendiri adalah bentuk serangan siber yang berusaha untuk memperoleh informasi rahasia tentang Anda, seperti log in, password, dan informasi pribadi lainnya agar dapat menyerang sistem Anda dengan virus ransomware. Sedangkan malware sendiri adalah jenis perangkat lunak yang dapat diunduh secara tidak sah, biasanya melalui tautan atau lampiran dalam email phishing.

Ransomware Adalah Virus Berbahaya

Saat ini, virus ransomware menjadi ancaman serius terhadap pengguna internet. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa kasus virus ransomware terbesar dapat disebutkan antara lain, WannaCry, Petya, dan NotPetya. Virus ransomware WannaCry menyebabkan kerugian sekitar $4 miliar dan menyerang lebih dari 300.000 sistem komputer di seluruh dunia. Sementara Petya dan NotPetya menyerang perusahaan dan organisasi besar di seluruh dunia, termasuk perusahaan telekomunikasi, perbankan, dan organisasi kesehatan.

Baca juga :  Pengertian Firewall dan Fungsinya

Cara Ampuh Mengatasi Ransomware

Untuk mencegah serangan virus ransomware, pengguna internet harus selalu waspada dan mengikuti beberapa tindakan pencegahan, antara lain:

  1. Terus memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak untuk mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi.
  2. Menjaga cadangan data yang penting agar tidak hilang atau terenkripsi oleh virus ransomware.
  3. Menghindari meng-klik atau men-download tautan atau lampiran yang mencurigakan.
  4. Selalu memverifikasi alamat email atau situs web sebelum memberikan informasi sensitif atau memasukkan log in dan password.
  5. Menggunakan antivirus dan firewall untuk melindungi komputer dari serangan virus ransomware. Pastikan selalu update antivirus kalian agar kinerjanya tetap maksimal.
Baca juga :  Mengenal Berbagai Sistem Operasi (OS) pada Handphone

Ketika terjadi serangan virus ransomware, pengguna internet harus berhati-hati dan tidak langsung membayar tebusan yang diminta. Sebaliknya, segera matikan komputer dan hubungi tenaga ahli siber untuk membantu mengembalikan data yang hilang menggunakan alternatif metode.

Virus ransomware merupakan ancaman serius bagi pengguna internet, namun dengan pencegahan yang tepat dan tindakan yang cepat diambil ketika terjadi serangan, pengguna internet dapat mengurangi risiko kesuksesan serangan virus ransomware pada sistem mereka.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *