Home » Hardware » Penyebab Hardisk Rusak

Penyebab Hardisk Rusak

Penyebab Hardisk Rusak – Hardisk merupakan hardware yang bertugas menyimpan data secara permanen bukan menyimpan sementara seperti RAM. Jika kurang jelas silakan lengkapnya mengenai RAM dan Sejarah Perkembangannya. Hardisk merupakan saudara dari flasdisk 😀 Kenapa saudara ? karena memang kerja sama yakni menyimpan data. Hardisk dapat menyimpan data lebih besar dari pada flasdisk.Seperti halnya hardware lain pada perangkat komputer yang dapat mengalami kerusakan. Hardisk pun dapat mengalami kerusakan kalau tidak pandai merawatnya. Di bawah ini ada penyebab Hardisk rusak yang semoga dapat dijadikan refensi agar tidak sampai mengalami kerusakan hardisk.

 

Overheat

Penyebab over heat ini bukan hanya dari hardisk sendiri namun juga bisa disebabkan oleh CPU yang berada di ruangan panas. Usakan selalu CPU berada pada ruangan yang normal atau bahkan terbilang sejuk. Penyebab overheat lain yakni penggunaan komputer atau laptop yang terlalu lama dan tidak diimbangi oleh kipas pendingin yang mampu mengimbangi.

Hardisk Pernah Terjatuh

Bongkar pasang pada CPU dan sampai menjatuhkan hardisk akan dapat menyebabkan kerusakan hardisk. Jika memang hobi atau memang aktifitas harian bongkar pasang hardware komputer dan laptop sebaiknya berhati. Tidak hanya berlaku bagi hardisk namun juga pada unit hardware lain seperti motherboard, RAM atau hardware lainnya. Intinya jangan sampai terjatuh atau merusak secara fisik.

Shutdown tidak sesuai prosedur

Bagi pengguna laptop sebaiknya jangan sampai laptop anda kehabisan baterai karena jika hal itu sering terjadi maka dapat menyebabkan kerusakan hardware. Mengapa demikian ? Hardisk juga merupakan tempat penyimpanan sistem operasi yang mana apabila “kaget” karena arus listrik yang tiba-tiba menghilang maka dapat menyebabkan kerusakan pada tempat penyimpanan tersebut. Kerusakan ini tidak secara langsung namun akan terasa efeknya jika komputer atau laptop mendadak shutdown.

Umur Hardisk

Umur dari sebuah hardisk pun perlu dipertimbangkan. Jika memang hardisk tersebut sudah terbilang tua dan sering digunakan untuk aktitas yang berat maka jangan salahkan jika hardisk mengalami kerusakan. Yang sering terjadi kerusakan adalah pada komputer yang digunakan untuk game online atau warnet.

Virus

Jangan pernah meremehkan sebuah virus. Karena ada virus tertentu yang memang diciptakan untuk merusak hardware. Untuk itulah perlu adanya antivirus yang kuat dan handal.Jika menggunakan sistem operasi windows gunakan saja antivirus gratisan MSE (Microsoft Security Essential). Antivirus gratis bagi para pengguna windows.Mungkin masih ada Penyebab Hardisk Rusak yang belum saya sebutkan. Namun beberapa penyebab di atas sekiranya dapat dijadikan refensi agar dapat merawat hardisk dengan baik agar tidak mengalami kerusakan.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *