Apa Itu Artificial Intelligence (AI) ?

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) ? – Kita telah banyak mendengar istilah AI dalam dunia teknologi. Sebenarnya apa itu AI, teknologi seperti apakah yang sedang trend saat ini? Perkembangan AI ini muali kita dengar sejak ada kamera yg memiliki fitur ini. Seperti apa AI ini bekerja, kenapa bisa ‘cerdas’ seperti itu.?

Dan saat yang sedang trending adalah ChatGPT. ChatGPT ini juga merupakan salah satu produk AI atau kecerdasan buatan. ChatGPT ini merupakan sebuah tool yang mampu menjawab pertanyaan dari user. Jawabannya mirip dengan manusia asli bukan seperti robot atau mesin.

Apa Itu Artificial Intelligence (AI)

Apa itu artificial intelligence

AI memiliki kepanjangan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang memiliki definisi sebagai berikut : Sebuah rekayasa teknologi yang memungkinkan sistem komputer, software, yang dibuat dan diprogram untuk dapat “berpikir” seperti manusia dan meniru tindakan mereka. Keunggulan teknologii AI ini adalah dapat merasionalisasikan serta mengambil tindakan yang paling terbaik berdasar data yang sudah ada.

Fungsi AI ini adalah digunakan untuk penalaran, pembelajaran serta dapat membantu manusia dalam menjalani segala akfitasnya. Banyak industri mulai menggunakan teknologi AI ini. Mulai dari keuangan, ekonomi, kesehatan, keuangan dan lainnya.

Baca juga :  HiJackThis, Software Pembasmi Malware Yang Ampuh

Jenis-Jenis AI

AI terbagi menjadi 2 jenis yaitu WEAK AI dan STRONG AI. Weak AI ini digunakan pada pekerjaan yang ringan tertentu saja. Contohnya Alexa di Amazon dan juga Siri di Apple.

Untuk STRONG AI ini lebih kompleks lagi. Strong AI ini biasanya digunakan pada suatu yang kompleks. Strong AI dirancang agar dapat semirip mungkin mirip dengan manusia agar mampu menjalankan tugas dengan baik. Sistem ini lebih rumit. Contohnya adalah pada mobil slef-driving Tesla.

Apabila kita mempelajari lebih dalam tentang AI maka AI ini dibagi menjadi 4 jenis lagi yaitu : AI Reaktif, Memori Terbatas, Teori Pikiran, dan Kesadaran Diri.

Baca juga :  Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Bawaan Xiaomi

AI Reaktif

Jenis AI reaktif ini merupakan teknologi AI yang tidak memiliki tugas khusus dan tanpa memori penyimpanan. Contoh dari jenis ini adalah sebuah komputer yang bernama Deep Blue yang mana komputer catur buatan IBM yang mampu mengalahkan juara catur Garry Kasparov pada 1990-an.

Kemampuan Deep Blue yang dapat mengidentifikasi bidak di papan catur serta membuat prediksi, tetapi karena tidak memiliki memori sehingga tidak mampu menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan masa depan.

Memori Terbatas

Pada sistem AI ini dapat beradaptasi dengan pengalaman masa lalu atau memperbarui dirinya sendiri berdasarkan pengamatan atau data baru yang telah di input.

Contoh sistem AI ini adalah pada mobil self-driving yang dapat menggunakan pengalaman sebelumnya untuk mengambil keputusan perjalanan di rute selanjutnya.

Teori Pikiran

Pada jenis AI ini berdasarkan pada psikologi. Mengapa di katakan dengan Teori Pikiran ? Dikatakan sebagai teori pikiran karena apabila diterapkan pada AI, sistem AI ini akan memiliki kecerdasan sosial untuk memahami emosi. Pada jenis AI ini dapat menyimpulkan niat manusia, sampai memprediksi perilaku.

Kesadaran Diri

Pada jenis AI Kesadaran Diri ini masih dikembangkan. Pada jenis ini mesin akan dibekali sistem ini akan dapat memahami keadaan mereka saat ini dan menyimpulkan apa yang orang lain rasakan

Baca juga :  Cara Mudah Membagi Wifi Laptop

Bagaimana Cara kerja Artificial Intelligence

Kita mungkin kagum dengan teknologi AI saat ini. Tetapi sudah tahukah kita tentang bagaimana teknologi AI ini bekerja ? Pada dasarnya AI bekerja dengan algoritma pemograman pada suatu sistem komputer yang telah diberikan dalam proses pembuatannya. Sistem ini akan memproses serta menggabungkan data dalam skala besar dengan pemrosesan cepat serta berulang.

Sistem ini akan melakukan pemrosesan data, ia akan menguji dan mengukur kinerjanya sendiri. Dan selanjutnya mengembangkan keahlian tambahan untuk membuat prediksi mengenai status masa depan.

Baca juga :  Traveling dan Menjelajah Angkasa Bersama Google

Contoh-contoh penerapan teknologi AI saat ini

Contoh teknologi AI saat sudah banyak sekali. Pada keseharian kita sebenarnya sudah ada contohnya. Misalnya Automatic Speech Recognition (ASR). Automatic Speech Recognition (ASR) ini bisa kita temukan pada smartphone kita yaitu pemproses ucapan manusia ke dalam format tertulis. Teknologi juga disebut sebagai Speech Recognition.

Selain itu juga ada contoh lainnya. MAPS Google, Maps Google mampu mencarikan ruter terbaik bagi penggunanya agar dapat mencapai tujuan dengan cepat dan efisien. Dasarnya pengambilan keputusan dari MAPS ini berdasarkan pengalaman pengguna Maps itu sendiri yang kemudian di simpan Google dan menerapkan ke pengguna selanjutnya.

Pro dan Kontra berkembangnya Artificial Intelligence

Teknologi memang berkembang. Namun hal ini justru menimbul pro dan kontra. Ada yang setuju dan juga tidak setuju. Karena dapat menimbulkan efek positif dan juga negatif.

Sisi positif Proberkembangnya Artificial Intelligence

  • AI mampu memudahkan penjual dengan chatbot pada ecommerce, sehingga penjual merasa terbantu karena di jawab oleh sistem yang selalu aktif.
  • AI dapat membantu oleh para penyandang disabilitas. Misalnya digunakannya asisten virtual, termasuk Siri, Alexa, dan Cortana yang dapat membantu banyak tugas seperti melakukan panggilan telepon dan juga browsing.
  • Dapat digunakan untuk mencegah kecelakaan kerja. Ketika digunakan di perusahaan kontruksi maka teknologi dapat memeriksa lokasi yang berbahaya serta mengukur keselatan kerja para pekerja.
Baca juga :  Pengertian BIOS

Kontra Artificial Intelligence

Dengan berkembangnya Artificial Intelligence dikhawatirkan dapat menyebabkan pengangguran atau pengurangan pekerja karena sebagian profesi atau pekerjaan dapat digantikan oleh AI ini.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *