Home » Download Apps & Games » UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ?

UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ?

UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ? – Nama UC Browser dan Opera Mini sudah tidak asing lagi. Kedua browser itu memang banyak difavoritkan oleh banyak pengguna smartphone android. Opera memang telah hadir lebih dahulu daripada UC browser. Dulu ketika saya masih menggunakan sistem operasi symbian sudah ada browser opera ini. Kala itu belum ada Android seperti sekarang. Keunggulan Opera Mini waktu itu adalah dapat digunakan untuk menyimpan halaman, dan lebih cepat. Ada juga yang menggunakan internet gratis. 😀

Nah bagi para sobat pembaca santri drajat mungkin belum tahu keunggulan dan kekurangan dari UC Browser dan Opera Mini ini. Untuk itulah kali ini kita akan bahas UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ? Yuk simak artikelnya di bawah ini. Namun sebelum membaca artikel ini sebaiknya baca artikel Perbedaan Opera, Opera Mini dan Opera Max agar sobat lebih paham antara ketiganya. Biar tidak terkecoh istilahnya.

UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ?

 

  • Kelebihan UC BrowserUC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ?

Support Java Script

Salah satu contoh penggunaan Java Script adalah menu di blog. Jika browser kita support java script ketika menekan tombol menu maka tidak perlu loading. Menu dropdown akan langsung muncul. Apabila tidak support maka browser meloading dan baru setelah itu akan muncul menu tersebut. Contohnya di blog Santri Drajat ini.

UC browser sudah support java script jadi ketika mengklik menu akan langsung muncul tanpa harus loading kembali. Enak kan gak ribet loading melulu.

Download Lebih Cepat

Salah satu alasan mengapa orang memilih UC browser adalah karena dapat digunakan download lebih cepat. Bagi sobat Santri Drajat yang suka download maka tidak ada salah mencoba UC browser ini yang mampu mendownload lebih cepat daripada browser lain. Dan juga UC browser dapat meresume download. Artinya ketika tidak terhubung dengan internet maka dapat kita pause sementara dan dilanjutkan ketika sudah terhubung internet kembali.

Banyaknya Add On

Layaknya browser pada komputer, UC browser menyediakan add on bagi pengguna yang ingin mendapatkan fitur tambahan. Dengan begitu penggunakan akan merasa puas karena banyak tambahan add on untuk berselancar diunia maya.

  • Kekurangan UC Browser

Lemot

Banyak orang yang menggunakan UC browser merasa bahwa browsernya lemot. Hal ini bisa saja terjadi apabila bila menggunakan Smartphone yang RAMnya pas-pasan. Penggunaan UC Browser dapat memakan RAM sekitar 80MB lebih. Jadi bagi sobat yang menggunakan smartphone RAMnya pas-pasan harap bersabar ya.

Tampilan Ribet

Ketika membuka browser UC maka akan dihadapkan berbagai menu yang banyak sekali. Bagi sebagian orang hal ini merupakan hal mengganggu dan tidak sedap dipandang. Karena sebagian orang lebih suka yang bersifat simpel daripada ribet. Banyak menu di UC browser ini sebenarnya adalah untuk membantu pengguna. Jadi kalau masih awam mungkin akan kesulitan menggunakan UC Browser.

Save Page Harus Instal Addon

Save Page atau menyimpan halaman adalah hal yang dibutuhkan karena dapat menghemat kuota. Di UC browser fasilitas save page ini tidak langsung ada. Lalu bagaimana, tidak bisa save page tidak seru dong. Tenang saja, di Add On UC browser sudah disediakan save page ini. Silakan instal dan gunakan save page tersebut.

  • Kelebihan Opera Mini

UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ?

Cepat

Opera Mini memang cocok untuk pengguna yang berada di daerah yang sinyalnya kurang stabil atau sinyalnya lemah. Walaupun berada di daerah sinyal lemah opera mini mampu digunakan untuk internetan. Apalagi jika sobat tinggal yang sinyalnya kuat tentunya akan lebih powerfull. Opera memang lebih cepat ketika digunakan untuk internet daripada browser mobile lain.

Tampilan Simpel

User Interface atau tampilan memang sederhana. Sebelum versi sekarang malah lebih bersih tidak ada berita dan sebagainya. Kalau sekarang tetap tampil simpel dan mudah digunakan untuk orang awam sekalipun. Tampilan yang simpel ini merupakan ciri khas dari opera tujuan dari tampilan simpel ini adalah memudahkan para penggunannya untuk berselancar di internet.

Save Page

Menyimpan halaman kemudian dibaca kapanpun dan dimanapun adalah kelebihan dari opera mini. Tanpa harus instal Addon. Ketika pertama kali menggunakan opera mini maka akan langsung ada fitur save page ini yang dapat digunakan untuk menyimpan halaman. Kenapa halaman harus di simpan ? Jawabannya adalah lebih efisien dan hemat. Dengan menyimpan sebuah halaman juga dapat digunakan untuk mengingat atau reminder.

Hemat RAM

Tanpa perlu banyak RAM untuk menjalannya RAM karena untuk menjalankan Opera Mini ini hanya butuh sekitar 50 Mb. Yang mana lebih kecl daripada UC browser ataupun Google Chrome yang butuh sekitar 90 MB RAM. Karena itulah browser ini cocok untuk semua kalangan. Baik yang RAM rendah maupun yang sudah bergiga-giga.

  • Kekurangan Opera Mini

Tidak (langsung) Support Java Script

Di dalam opera mini terdapat 2 Mode yakni mode penghematan data (ekstrim) dan mode turbo. Jika ingin menggunakan opera mini layar UC browser yang suport java script maka harus menggunakan mode turbo yang mana datanya tidak dikompres. Tampilannya dalam mode turbo akan lebih baik daripada mode penghematan data.

Mode penghematan data pun dapat digunakan untuk menghemat kuota. Bagi para sobat yang ingin menghemat kuota bisa menggunakan mode ekstrim ini. Saya pun mengaktifkan mode ini karena lebih ringan, cepat dan hemat kuota.

Baca juga : Cara Menghemat Kouta di Android

Tidak Ada AddOn

Tidak adanya plugin di Opera Mini memang menurut sebagian orang kurang afdhol. Karena setiap user atau pengguna memiliki kebutuhan yang berbea. Ya memang demikian Opera Mini tidak menyediakan yang namanya add on

  • Mana Yang Paling Bagus ?

Kedua browser ini ternyata memiliki keunggulan dan kekurangan. Ya begitulah. Mana yang paling bagus tergantung penggunannya. Karena seseorang terkadang sudah terbiasanya menggunakan browser-browser tertentu. Jadi tidak bisa dipaksakan kepada seseorang untuk menggunakan suatu browser.

Kiranya cukup itu dulu tentang UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ? Jangan lupa share artikel UC Browser VS Opera Mini, Bagusan Mana ? Terima kasih.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *