Tutorial Dasar Aplikasi Lightroom Android

Tutorial Dasar Aplikasi Lightroom Android – Salah satu aplikasi editor yang populer di Android adalah Lightroom atau Adobe Lightroom. Lightroom merupakan salah aplikasi edit foto yang banyak digunakan, lebih terkenal daripada yang lainnya.

Unggul dalam penggunaan dan juga hasil yang maksimal membuat aplikasi ini banyak digunakan user. Sebenarnya hasil edit tidak hanya ditentukan oleh aplikasi tapi juga user atau orang yang mengedit. Semakin kreatif dan cerdas maka hasilnya juga maksimal.

Untuk versi Lightroom di Android ini terbilang simpel. Tidak seribet di PC atau Desktop. Kalau dalam versi dekstop ada curva lighting, curva warna dan sebagainya tapi ini tidak berlaku di versi android. Perlu diketahui bahwa Lightroom ini merupakan keluarga dari Adobe yang sudah lama menghadirkan berbagai software editing grafis.

Kamu hanya perlu belajar slider saja. Lebih sederhan dan mudah digunakan. Apalagi jika kamu memiliki dasar desain gratis grafis maka bisa lebih mudah menggunakan.

Jika kamu pemula yang ingin belajar Adobe Lightroom maka artikel ini cocok untukmu. Di bawah ini ada beberapa tutorial dasar bagaimana cara menggunakan Adobe Lightroom.

Tutorial Dasar Aplikasi Lightroom Android

Untuk kamu yang sudah pro atau sudah pernah menggunakan Lightroom di PC atau Desktop maka kamu sudah paham dasarnya. Jadi tidak perlu terlalu jauh belajar. Di bawah ini tutorial cocok untuk pemula karena sifatnya dasar.

Sebenarnya, tools yang disediakan di aplikasi Lightroom Android maupun dalam versi PC tidak jauh berbeda. Tools di kedua versi tersebut juga memiliki fungsi masing-masing yang kurang lebih sama. Pada intinya tool atau menu mirip dengan yang ada di PC. Tapi lebih ringkas.

Itulah mengapa Lightroom Android dianggap sangat membantu para fotografer dan editor yang ingin mengedit foto raw mereka dengan cepat. Nah, berikut ini adalah tutorial dari beberapa tools dasar aplikasi Lightroom yang perlu Anda pelajari.

1. Light

Fungsi dari menu ini adalah menu yang digunakan untuk mengatur pencahayaan dalam sebuah foto. Kamu tinggal geser ke kanan atau kiri untuk mengatur kecerahan dalan sebuah foto. Kiri

Light merupakan alat yang digunakan untuk mengatur pencahayaan dalam foto. Bila Anda geser slider Light ke kanan, maka foto tersebut akan semakin cerah. Sebaliknya, foto akan jadi semakin gelap bila Anda geser slider-nya ke kiri.

Baca juga :  Mengatasi Lupa Password BIOS Tanpa Melepas Baterai CMOS

2. Auto

Apabila kamu ingin mengedit foto dengan cepat maka kamu dapat menggunakan menu ini. Dari namanya saja sudah kelihatan bahwa dapat digunakan untuk mode auto edit. Artinya kamu tidak perlu menggunakan menu lainnya. Cukup gunakan menu ini saja maka foto editanmu akan jadi.

Mode otomatis ini akan memberikan efek tertentu sesuai dasar fotonya. Memang tidak begitu bagus tapi cukup membantu yang ingin edit cepat tanpa ribet.

3. Crop

Menu Crop di Lightroom akan membantu kamu dalam menghilangkan objek di dalam sebuah foto. Hal ini kadang terjadi apabila kamu tanpa sengaja memotret bagian yang tidak penting.

Dengan crop ini akan membantu memisahkan bagian tertentu dalan sebuah foto. Fitur ini biasanya dalam bentuk kotak, lingkaran atau free shape.

Baca juga :  Aplikasi Sticky Notes - Aplikasi Pengingat Windows

4. Exposure

Kemudian ada Exposure. Mirip dengan menu Light, dengan tool yang satu ini juga mengatur tentang pencahayaan dalam sebuah foto. Ada sedikit perbedaan dengan menu Light. Apabila Light mengatur kecerahan foto secara keseluruhan, tetapi menu Exposure mengatur seberapa terang sebuah warna putih atau cahaya yang ada di dalam foto.

5. Shadow

Shadow, kalau diterjemah artinya bayangan. Menu ini juga merupakan bagian dari tool yang mengatur pencahayaan loh. Akan tetapi, tools yang satu ini hanya mengatur gelap dan terang bayangan yang terlihat dalam sebuah foto. Apabila di geser ke kiri maka semakin gelap di bagian foto yang tidak ada cahaya.

Baca juga :  Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah

6. Contrast

Ada satu lagi tool yang mengatur pencahayaan yaitu menu Contrast. Alat atau menu yang satu ini mengatur seberapa pekat atau kontras warna putih dengan warna hitam. Dengan menu atau alat ini digunakan merubah kontras perbandingan antara bayangan dan cahaya di sebuah foto.

7. Color

Bagian ini tergolong sulit. Menu Color merupakan menu yang agak rumit. Dimana menu ini akan mengatur komposisi warna atau grading dalam sebuah foto. Di dalam menu ini ada menu turunan yaitu :
– Tint : Digunakan untuk mengatur dominasi warna tertentu
– Saturation : berfungsi mengatur ketajaman sebuah warna
– Vibrance : mengatur vibrancy warna di dalam sebuah foto
– Temperatur : digunakan untuk mengatur warna hangat (warm) atau juga yang cold (dingin)

Di bagian menu yang satu ini kamu perlu uji coba untuk menemukan bagaimana settingan yang paling pas untuk setiap fotomu. Dengan settingan color ini bisa mempengaruhi suasana di dalam foto yang sedang kamu edit.

Contoh saja, pemandangan gedung di malam hari yang dominan gelap, tentu saja berbeda dengan foto di pegunungan yang suasananya lebih sejuk.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android Dan iPhone

8. Highlight

Highlight merupakan fitur yang berguna untuk mengatur sumber cahaya yang utama dalam sebuah foto. Dengan cara menaikkan sumber cahaya ini maka foto juga akan semakin cerah. Kamu cukup geser ke kanan saja agar foto semakin cerah.

9. White & Black

Dari namanya saja sudah kelihatan. Hitam dan putih. Tentu saja dengan menggunakan fitur ini kita bisa mengatur warna hitam dan putih dalam sebuah foto. Dengan menu geser kanan kiri kamu bisa merubah suasana dalam foto.

Demikian sedikit dasar mengenai lightroom. Apabila ada update tentunya akan menu baru yang bisa kamu gunakan untuk menambah kreatifitas.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *