Home - Tips Windows - Tips Sederhana Windows 10 Aman Tanpa Antivirus

Tips Sederhana Windows 10 Aman Tanpa Antivirus

Tips Sederhana Windows 10 Aman Tanpa Antivirus – Perubahan atau update terus dilakukan agar para penguna Windows tetap setia menggunakan sistem operasi besutan Microsoft ini. Salah satunya yakni sistem operasi Windows tidak mudah terserah virus.

 

Bagi pengguna Windows 7 tentu sudah paham bahwa Windows 7 ini butuh akan antivirus. Kalau tidak begitu akan mudah terkena virus. Saya pun dahulu pengguna Windows 7, walaupun Windows 7 sudah ada antivirus bawaan yang bernama MSE nyata masih saja terserang virus.

Baca juga :

 

Memang resikonya begitu, virus adalah musuh dari sistem operasi. Tapi bagi sobat pengguna Windows 10 lain lagi ceritanya. Windows 10 ini ternyata aman dari virus walaupun tidak terpasang antivirus loh. Kenapa bisa begitu ? Ada tips sederhana windows 10 aman tanpa antivirus yang mana sudah saya buktikan. Seperti di bawah ini tipsnya

Tips Sederhana Windows 10 Aman Tanpa Antivirus

Tips Sederhana Windows 10 Aman Tanpa Antivirus

Gunakan Windows Original

Windows Original merupakan sistem operasi yang mendapatkan lisensi resmi dari microsoft. Jika sobat Santri Drajat pernah ke tukang service kemudian minta instal sistem operasi belum tentu itu Windows Original. Karena harga sistem operasi memang tidak murah. Mahal namun bisa diakali, asal tahu caranya maka sistem operasi ini lebih murah dari harga aslinya. Untuk harga normalnya sobat bisa baca artikel “Berapa Harga Windows Original”

Jangan Sembarangan Instal Software atau Aplikasi

Kalau tidak paham akan suatu software atau aplikasi sebaiknya jangan menginstalnya. Kalau yang sobat instal itu virus atau malware bagaimana. Saya sendiri pernah melakukan demikian, niat membuat tutorial dengan menginstal sebuah software malah sistem operasi saya yang jadi korbannya -_- . Sobat bisa browsing terlebih dahulu sebelum instal. Atau sobat bisa tanyakan pada yang lebih paham tentang software atau aplikasi.

Gunakan Software Original

Mencegah hal yang tidak diinginkan instal software yang freeware atau gratis saja. Banyak sekali software yang gratis yang bisa digunakan. Hal ini merupakan software alternatif ketika dirasa menggunakan software original mahal harganya. Tapi kalau berbayar biasanya akan mendapatkan hal yang lebih dari yang gratis. Silakan pilih saja sesuai kebutuhan.

Jangan Download Email dan Membuka Situs Tidak Jelas

Memang zaman sekarang serba online. Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya internet. Lebih-lebih sosial media seperti facebook, instagram dan lainnya. Kita harus mengikuti perkembangan zaman namun tetaplah berhati-hati di internet. Jangan sampai membuka situs yang terlarang atau bahkan berbahaya. Kadang ada website yang sisipi virus, karena itulah hati-hatilah dalam berselancar di internet. Dan juga jangan membuka email yang tidak jelas dan kita disuruh membuka link atau halaman tertentu. Bisa jadi halaman website tersebut berisi virus.

Update Windows

Usahakan paling tidak sebulan sekali sistem operasi Windows sobat terbuhung ke internet. Biasanya setelah terhubung ke internet Windows akan otomatis melakukan update sistem operasi (jika ada update). Update ini akan menutup celah sistem operasi yang bisa disusupi virus. Dan tentu apabila berani melakukan update maka sobat harus menggunakan sistem operasi original. Kalau sistem operasi tidak original kemudian di update maka biasanya akan di blacklist.

Antivirus Bawaan Sudah Cukup

Perlu sobat ketahui manfaat menggunakan software original adalah kita tidak was-was atau khawatir ketika melakukan update. Kita akan mendapatkan layanan yang memuaskan, misalnya update antivirus Windows Defender. Windows Defender merupakan antivirus di Windows 10 yang handal. Hal ini merupakan nilai plus di Windows 10 karena kita tidak perlu melakukan instal antivirus lain karena sudah ada Windows Defender yang handal mampu mengatasi berbagai virus. Silakan buktikan.

Baca juga :

Sederhana memang. Harga Windows kok mahal ? Kalau tidak menggunakan Windows Original sebaiknya jangan gunakan Windows yang modifikasi. Gunakan windows yang edisi resmi saja. Jika menggunakan Windows yang editan tidak resmi biasanya lemot dan banyak celah atau bug yang mana bisa saja disusupi virus. Sekian dan semoga bermanfaat.

Loading...

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *