Home - Hardware - Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak – Printer merupakan alat yang dapat digunakan untuk mencetak baik berupa gambar atau teks biasa. Berbagai macam dan modem di pasaran. Printer yang umum digunakan adalah printer inkjek atau printer tinta cair. Penggunaan printer yang baik dan benar akan membuat printer awet dan tidak cepat rusak. Bagaimana kah merawat printer yang baik dan benar ? Di bawah ini ada beberapa tips merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak :

Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat RusakTips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Baca juga : Canon IP 2270, Printer Murah Cocok Untuk Mahasiswa

  1. Hindarkan dari debu dan bersihkan secara berkala. Usahakan printer berada di tempat yang terhindar dari debu. Debu yang menempel akan membuat bagian-bagian penting dari printer menjadi kotor. Kalau bagian yang terkena debu bisa dibersihkan tidak masalah tetapi kalau bagian penting misalnya catridge maka akan kesulitan dan bisa saja rusak catridge.
  2. Nyalakan setiap hari minimal 5 menit atau paling tidak minimal 3 kali selama 5 menit dalam seminggu jika tidak digunakan. Dengan menyalahkan printer secara berkala akan membuat bagian mesin tetap aktif. Menyalakan komputer secara berkala juga menghindari bila ada komponen yang mati karena lama tidak digunakan. Printer tidak di nyalakan sama sekali bukan tambah awet tetapi akan membuat kering catridge. Hal ini sering terjadi, inginnya printer awet dengan tidak menyalakan printer.
  3. Ketika mencetak banyak usahakan bertahap. Misalnya mencetak 150 lembar bagi dengan 3 kali. Jadi setiap mencetak 50 kertas, kemudian istirahatkan selama 3-5 menit kemudian mencetak 50 lagi dan seterusnya. Jangan langsung mencetak 150 lembar. Ribet dan lama ? Memang seperti itu jika ingin printer awet.
  4. Matikan Printer jika tidak digunakan. Ada beberapa printer yang memang bawaan aslinya jika tidak digunakan dalam waktu tertentu akan mati sendiri. Namun jika tidak ada fitur ini sebaiknya matikan printer jika memang tidak digunakan.
  5. Gunakan tinta yang cocok untuk printer Anda. Setiap printer mempunyai rekomendasi untuk digunakan, biasanya sama dengan bawaan. Bahkan printer bisa mendeteksi bahwa printer tersebut tidak menggunakan tinta asli.
Itulah beberapa Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak. Tips di atas memang terbukti ampuh. Saya sudah membuktikkannya, printer benar-benar awet dan tidak cepat rusak. Semua merk dan model printer hampir sama merawatnya seperti point-point di atas. Semoga tTips Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak di atas dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *