Home » Hardware » Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar Laptop merupakan sebuah benda elektronik yang tidak asing lagi. Banyak pengguna menggunakan laptop dari PC (Personal Computer) karena laptop dapat di bawah kemana saja. Memang seperti itulah keunggulan laptop dari dari PC (Personal Computer) yakni dapat di bawah kemana pun bisa, asal baterainya dalam keadaan terisi dan normal.
Baca Juga : Cara Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Bagian dari pada laptop yang penting adalah LCD. LCD (Liquid Crystal Display) merupakan sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra di sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan.

Merawat LCD (Liquid Crystal Display) adalah hal yang harus di perhatikan oleh pengguna laptop agar kualitas LCD tetap terjaga dengan baik. Di bawah ada beberapa tips agar LCD (Liquid Crystal Display) awet dan tetap terjaga dengan baik :

Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar :

  1. Pasang LCD Protector. Dengan memasang LCD protector ini maka layar akan terlindung dari debu. Pengguna laptop terkadang tanpa sengaja menyentuh laptop yang bisa saja menyebabkan layar LCD bergaris atau lecet. Karena itulah perlu adanya LCD protector ini agar tidak langsung menyentuh layar tetapi menyentuh plastik pelindung LCD ini.
  2. Hindari menyentuh layar apalagi sampai menekan layar LCD
  3. Tutup laptop secara perlahan, jangan menutup dengan cara membanting terlalu keras.
  4. Jika tidak digunakan tutup laptop untuk menghindari dari debu
  5. Jika membersihkan layar dengan kain, gunakan kain yang super lembut.
  6. Untuk membersihkan LCD dengan cairan pembersih jangan semprotkan langsung pada layar. Semprot pada kain pembersihnya saja.
  7. Dalam keadaan tertutup jangan menempatkan barang di atas laptop. Hal ini sering di lakukan pengguna laptop karena belum paham jika menempatkan barang di atas laptop maka akan menekan LCD dan dapat menyebabkan LCD pecah.
  8. Tempatkan Laptop di tempat yang aman, jangan tempatkan di lantai karena jika ada orang yang lewat tanpa mengetahui adanya laptop tersebut bisa saja terinjak.
  9. Ketika di masukkan di dalam tas laptop hindarkan dari bahan-bahan yang kaku, misalnya kayu, obeng, tang dan lainnya yang intinya agar si laptop tidak terbentur benda-benda tersebut.

Baca juga : Beberapa Kekurangan Laptop Slim Yang Harus Diketahui

Beberapa tips di atas perlu diperhatikan pengguna laptop. Awet atau tidaknya laptop juga tergatung si pemakai, jika dapat merawat laptop dengan baik dan benar maka akan awet, termasuk dapat merawat dengan baik dan benar LCD laptopnya. Demikian Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *