Home - Hardware - Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar

Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar

Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar – CPU (Central Procesing Unit) merupakan kesatuan dari beberapa hardware yang berfungsi mengola data baik itu output – input dan save. Jika di ibaratkan CPU merupakan otak dari manusia.Baca juga : Cara Mudah Membuat Shortcut Shutdown dan Restart Windows

 Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar

Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar


Bagian dari CPU antara lain : motherboard, RAM, Powersuply, Processor dan berbagai komponen lain. Karena terdiri dari berbagai rangkain hardware inilah maka perlu adanya perawatan agar CPU awet, tidak gampang rusak dan stabil ketika di gunakan. Beberapa tips merawat CPU di bawah ada baiknya di terapkan untuk CPU Anda :

  • Tempatkan pada ruangan yang udaranya tidak terlalu panas. Ketika CPU sedang aktik maka otomatis akan ada perbedaan antara ketika sedang tidak aktif, akan terasa panas jika terlalu lama digunakan. Untuk itulah CPU perlu di letakkan di ruangan yang udaranya sejuk. Atau kalau bisa tempatkan pada ruangan ber-AC agar suhu ruangan stabil
  • Pasang stavolt untuk mengontrol tegangan
  • Jika sedang tidak digunakan tutup dengan kain agar terlindung dari debu.
  • Bersihkan CPU dari debu yang menempel teruma di bagian dalam. Bersihkan dengan kuas dengan perlahan.
  • Jangan meletakan benda cair di atas CPU karena jika mengenai komponen yang mengandung listrik maka bisa saja terjadi konsleting.
  • Pasang penutup CPU dengan benar. Jika ada bagian yang terbuka usahakan di periksa setiap hari karena kebanyakan jika tidak di periksa dijadikan sarang kecoa, tikus atau mahkluk lainnya.

Itulah beberapa Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar. Dan perlu di ingat ketika membersihkan CPU jangan menggunakan bahan cair. Boleh saja menggunakan pembersih berbentuk cair tapi jangan di semprotkan langsung ke CPU tetapi semprotkan terlebih dahulu ke kain baru kemudian kain tersebut digunakan untuk membersihkan CPU. 
Dan sebaiknya untuk bagian dalam CPU membersihkannya cukup dengan kuas saja dan bagian luar dengan kain pembersih karena bagian dalam ada komponen hardware yang sensitif jika terlalu sering di pegang atau goyang. Cukup sekian dulu tentang Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *