Home - Tips Android - Tips Merawat Baterai Yang Baik dan Benar Agar Awet

Tips Merawat Baterai Yang Baik dan Benar Agar Awet

Tips Merawat Baterai Yang Baik dan Benar Agar AwetSalah satu kendala pengguna smartphone adalah masalah bateri yang dirasa cepat habis. Sebenarnya hampir semua smartphone demikian, boros baterai. Apalagi kalau Anda terhubung dengan internet, maka hal itu akan cepat menguras baterai smartphone Anda. Ada baiknya Anda membaca artikel ini agar baterai Anda awet dan tahan lama. Salah satu penyebab baterai cepat habis adalah sering digunakan browsing, agar browsing mudah silakan coba browser andalan android, karena dengan browser ini kita bisa menyimpan halaman, jadi hemat paket data dan baterai.
 
merawat batarai yang baik dan benar
 
Baca juga :  Mengatasi HP Sony Experia Yang Lemot atau Lambat
Mungkin ada yang menggunakan Baterai Double Power sebagai solusi agar bisa menggunakan smartphone lama. Namun hal itu saya belum optimal apabila belum memahami baterai. Ada beberapa tips yang mungkin Anda perlukan agar baterai awet dan tahan lama. Saya sendiri sudah mempraktekkan di beberapa gadget dan berhasil.

Tips Merawat Baterai Yang Baik dan Benar Agar Awet

1. Pengisian Baterai

Pada saat awal pembelian mungkin Anda telah melakukan charge (pengisian) selama 8 jam lebih. Namun hal itu menurut saya pribadi adalah salah karena hal itu dapat merusak batarai gadget Anda. Yang benar bagaimana ? Pengisian 3 kali yang pertama harus selalu full itu adalah rekomendasi dari saya. Artinya awal pembelian pertama baterai harus di isi full begitupun kedua dan ketiga. Jangan sampai mengecas berlebihan sampai sehari semalam walaupun gadget Anda sudah sistem operasi yang bisa memutus arus apabila baterai sudah full.
 
Selanjutanya adalah pengisian setalah 3 kali. Sering kali kita lupa isi batrai, terkadang baterai sudah low namun kita tetap menggunakan smartphone tersebut. Tanpa sadar apabila kita melakukan hal tersebut akan merusak baterai tersebut. Sebaiknya Anda mengisi baterai pada saat isi baterai bekisar antara 30%-80%. Ini akan menyebabkan baterai Anda awet dan berumur lama. Saya sudah membuktikannya di laptop dan handphone saya sendiri. Baterai awet.
Baca juga :  Tips Belajar Pemograman Untuk Pemula
Kalau Anda membeli gadget bekas usahakan Anda membeli baterai baru dan menggunakan tips di atas. Karena terkadang pada saat membeli gadget bekas keadaan baterainya sudah gampang low bat bahkan tidak layak pakai.
 
Lalu bagaimana bila menggunakan baterai dobel power ? Sama saja tipsnya sepertinya hal baterai yang normal (tidak dobel power). Perhatikan Charging (pengisian) dan Perawatan. Dan lanjutkan membaca artikel ini. 
 

2. Perawatan

Seperti halnya makhluk baterai juga perawatan. Yang mana perawatan benda berbeda dengan makhluk. Agar baterai awat maka tidak ada salah bila Anda sempatkan seminggu sekali atau sebulan sekali untuk melepasnya dari gadget dan membersihkan bagian-bagian yang kotor. Ada baiknya Anda juga membersihkan gadget Anda dari debu-debu yang mungkin saja menempel. Selanjutnya sayangi gagdet Anda.

Baca juga :  Cara Backup dan Restore Android Ke PC atau Laptop

Itulah Tips Merawat Baterai Yang Baik dan Benar Agar Awet, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa bagikan kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat. ^_^

 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *