Home » Blog » Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula

Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula

Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula – Menulis merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Ya begitulah, menulis memang kelihatan sepele namun ketika seseorang mencoba menulis maka akan kebingungan, karena kesulitan bagaimana cara menjelaskan yang ada dalam pikiran kita.

Saya sendiri pun dahulu begitu. Untuk menulis 100 kata pun dulu tidak sanggup. Ini mau nulis apa ? Padahal masalah judul sudah ada, namun untuk mengembangkan ke dalam sebuah tulisan artikel kesulitan.

Namun sekarang Alhamdulillah sedikit demi sedikit belajar menulis di blog ini dan blog lainya. Ya lumayanlah lebih baik daripada awal ngeblog.

Baca juga : Cara Membuat Blog Untuk Orang Awam

Di bawah ini saya sajikan Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula untuk para pembaca yang masih awam dalam dunia menulis di blog.

Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula

Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula

Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula kali ini simpel dan mudah dipraktekkan.

Tenang Pikiran dan Hati

Jika pikiran dan hati galau maka biasanya pikiran tidak akan konsen. Ingin menulis malas rasanya. Jika hal ini terjadi cobalah tenangkan pikiran sobat terlebih dahulu. Mantapkan hati dan pikiran. Carilah suasana yang tenang, atau juga perbanyak berdzikir kepada Allah, insyaAllah tenang. Lebih utama perbanyak istigfar dan memohon ampun kepada Allah. Dengan begitu insyaAllah hati dan pikiran cerah kembali.

Tentukan Judul Yang Tepat

Judul sangat penting, jangan sampai ketika mau menulis kebingunan judulnya. Sebaiknya pahami judulnya. Jangan sampai keliru. Judulnya tentang Cara Memperbaiki Laptop tapi malah menulis tentang spesifikasi laptop. Ya boleh saja sebagai pembuka membahas hal lain. Namun tetap kudu fokus ke judul sebagai intinya.

Buat Point-point Penulisan

Membuat point penulisan rasanya hal sangat membantu. Saya sendiri sering menggunakan trik ini agar mudah untuk menulis artikel di blog. Misalnya saja Tentang Review Smartphone, maka pointnya adalah Spesifikasi Smartphone, Harga Pasaran, Kesimpulan. Dengan begitu kita akan dipermudah karena adanya sub pembahasan untuk mempermudah penjelasan penulisan.

Gunakan Gaya Bahasamu Sendiri

Untuk menulis di blog kita perlu pusing memikiri EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) buat apa coba? Karena kita menulis di blog, bukan menulis Makalah atau skripsi. 😀 Gunakan pula gaya bahasa yang mudah dipahami, jangan gunakan bahasa terlalu ilmiah. Kalau Pengunjungnya paham oke saja, lah kalau orang awam ya jelas langsung di tutup dan mencari blog lain.

Review Tulisan

Ada baiknya setelah menulis baca kembali tulisan sobat. Apakah sobat sendiri paham dengan tulisan sobat. Jika paham silakan posting. Jika sobat saja belum paham maksut dari tulisan sobat bagaimana orang lain akan mengerti. Jika masih ada kekurangan coba perbaiki. Dengan begitu kita akan mudah belajar bagaimana menulis yang memahamkan orang lain.

Begitulah Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula. Semuanya butuh waktu, tidak semudah membalikkan tangan loh. Tetap semangat menulis, niatkan berbagai/sharing ilmu kepada orang lain. Kiranya sekarang cukup itu dulu tentang Tips Menulis Di Blog yang Baik untuk Pemula ini ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke sobat yang lainnya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *