Home - Hardware - Tips Menghemat Kapasitas Hardisk

Tips Menghemat Kapasitas Hardisk

Tips Menghemat Kapasitas Hardisk – Dahulu memiliki flasdisk dengan ukuran 2 GB terasa sangat besar. Untuk menyimpan berbagai file akan sangat cukup sekali. Namun untuk waktu sekarang 2 GB tersebut tergolong penyimpanan kecil. Sebuah file saja terkadang file lebih dari 2 GB.

Hardisk sebagai tempat penyimpanan internal dalam sebuah komputer juga memiliki kapasitas tertentu. Untuk waktu sekarang kapasitas hardisk dari sebuah laptop antara 320 GB sampai 500 GB, bahkan ada yang sampai yang 1 TB (1000 GB). Biasanya besarnya sebuah hardisk tergantung dari kemampuan dari komputer atau laptop itu sendiri.

Bagi yang memiliki hardisk dengan kapasitas masih terbatas mungkin bisa menggunakan tips di bawah ini agar hardisk yang dipakai tetap cukup untuk menyimpan berbagai file.

Tips Menghemat Kapasitas Hardisk

Hindari Duplikasi File

Seseorang memang memiliki sifat lupa, sampai-sampai lupa kalau sudah memiliki sebuah file yang sama. Salah satu penyebab hardisk membengkak adalah adanya duplikasi file dalam sebuah hardisk. Jika memang sudah memiliki sebuah file sebaiknya cukup itu saja, jangan menyimpan berlebihan. Jika memang dirasa penting simpan di flasdisk atau menitipkan ke laptop teman.

Baca Juga : Cara Merawat Flasdisk Agar Awet

Hapus File Tidak Penting

Memiliki file yang tidak penting memang seharusnya dihapus. Terutama file kecil, karena jika dibiarkan file kecil ini menumpuk maka bisa saja menyebabkan hardisk full. Setelah download sebaiknya dihapus file yang sekira memang tidak dibutuhkan. Karena sering kita setelah mendownload sebuah file dan ternyata tidak dibutuhkan di biarkan saja di hardisk.

Simpan di Penyimpanan Online

Sistem penyimpanan online dapat dijadikan alternative agar hardisk tidak full. Banyak sekali yang menyediakan penyimpanan online, baik gratis maupun berbayar. Google Drive saja memberikan gratis 15 GB bagi para usernya untuk menyimpan berbagai file. Jika kurang 15 GB tersebut silakan buat akun lagi, kan gratis saja, kemudian simpan lagi berbagai file yang memang di anggap penting.

Baca juga : Cara Upload dan Setting Google Drive

Demikian tips menghemat hardisk. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *