Home - Tips Android - Tips Memilih Smartphone Yang Tepat

Tips Memilih Smartphone Yang Tepat

Tips Memilih Smartphone Yang Tepat – Smartphone atau ponsel pintar merupakan benda yang sudah tidak asing lagi di zaman modern ini. Smartphone bermacam-macam, mulai dari android, Iphone, Blackberry atau juga windows. Kenapa disebut smartphone ? Karena ponsel atau telepon cerdas yang memiliki sistem operasi ini mampu membantu para penggunanya beraktifitas dengan hanya menggunakan ponselnya.

Contohya saja ketika dahulu sebelum adanya smartphone maka seseorang perlu menggunakan komputer untuk membuka dokumen word. Namun sekarang lain lagi. karena hanya dengan menggunakan smartphone kita dapat membuka dan mengedit file word.

Smarphone banyak macamnya. Harus pintar memilih smartphone ketika memilih. Karena setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Agar tidak kecewa ketika memilih smartphone sebaiknya baca tips berikut ini yang membahas bagaimana cara memilih smartphone yang berbasiskan sistem operasi Android.

Resolusi Layar

Bagi para gamer ukuran layar tidak boleh diremehkan. Karena dengan ukuran layar yang lebar dapat maka seorang gamer dapat lebih nyaman bermain game. Dan juga game tertentu hanya bisa dimainkan pada layar yang lebar.

Jadi pertimbangkan masalah layarnya. Kualitas layarnya bagaimana, lebarnya bagaimana, tipe layar apa yang digunakan, dan lain sebagainya. Jika memang sudah bagus dan memenuhi spesifikasi silakan beli.

Jenis Prosesor

Sebelum membeli smartphone teliti terlebih dahulu menggunakan prosessor apa. Prosesor meruapakan otak dari smartphone. Semakin “pintar” maka akan baik kinerja ponsel tersebut. Karena setiap prosesor memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut sedikit ulasannya :

  • Qualcomm memiliki keunggulan lebih dalam grafik dan performa.
  • Processor Mediatek biasanya sering digunakan oleh Ponsel android low, dimana prosesor ini memiliki kinerja yang bagus tetapi memiliki kekurangan boros konsumsi tenaganya.
  • Processor nvidia tegra dan exynos yang memiliki kelebihan dari segi konsumsi daya yang irit.

RAM (Random Akses Memory)

RAM adalah hal yang penting dan sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone. Semakin besar RAM maka akan semakin baik. Apalagi jika smartphone dibuat untuk bermain game, sebaiknya pilih RAM yang minimal 1Gb. Bahkan RAM 1Gb itu rasanya kurang kalau untuk bermain game saat ini 😀

Memory Internal

Dengan adanya memory yang besar maka kita bebas untuk mengisi filenya dengan apa saja. Karena terkadang untuk menginstal aplikasi atau game membutuhkan memory internal yang besar. Hal ini karena game yang dijalankan juga membutuhkan penyimpanan yang besar.

Kamera

Hoby berfoto ria dengan teman-teman atau juga bisa hobi selfie ? Ada baiknya memiliki kamera yang benar-benar bagus. Pilih kamera smartphone yang resolusinya tinggi.

Konektivitas Jaringan

Pada saat artikel ini ditulis para provider jaringan sedang gencar-gencarnya mempromosikan jaringan 4G. Bahkan kuotanya unlimited. Bagi yang akan membeli smartphone dan bertempat tinggal di daerah yang terdapat sinyal kuat baik itu 3G atau 4G sebaiknya memili smartphone yang koneksinya paling tinggi yakni 4G. Dengan begitu pengguna akan semakin nyaman karena dapat berinternetan dengan kecepatan tinggi.

Desain dan Harga

Spesifikasi sama namun masalah desain tentunya setiap vendor berbeda-beda. Antara samsung dan Oppo tentunya berbeda. Semuanya tergantung selera anda. Yang penting nyaman.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah masalah Harga. Karena ada beberapa smartphone yang berasal dari vendor baru dengan spesifikasi yang tidak mengecewakan dengan harga yang murah.

Biasanya merk yang sudah terkenal lebih dahulu mematok harga yang membuat kantong kering. Namun jika masih vendor baru biasanya akan memberikan harga yang lebih murah.

Nah itu tadi Tips Memilih Smartphone Yang Tepat. Dari beberapa point di atas semoga saja dapat membantu para pembaca agar lebih cermat dan teliti sebelum membeli smartphone.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *