Home - Blog - Tips Memilih dan Membuat Jenis Website

Tips Memilih dan Membuat Jenis Website

Tips Memilih dan Membuat Jenis Website – Sebelum anda membuat sebuah web ada baiknya anda membaca artikel tentang panduan membuat web untuk orang awam. Untuk memiliki sebuah website atau blog sebenarnya tergantung dari kebutuhan pemilik website atau blog tersebut.  Ada berbagai macam jenis website mulai dari blogger, CMS (wordpress, joomla), website framework dan lain sebagainya.

Tips Memilih dan Membuat Jenis Website

Baca juga :  Jadi Blogger Itu ?

tips memilih jenis website
Sudah diterangkan pada artikel tentang dasar membuat website bahwa untuk membuat website paling awal adalah tujuan dari pada website itu sendiri. Dengan mengetahui tujuan pembuatan website maka akan mudah bagi Anda atau para developer website untuk membuat sebuah web.
Misalnya saja anda membutuhkan sebuah website yang mana anda hanya dapat berbagi tulisan karya Anda maka yang paling simpel adalah menggunakan blogger. Jangan salah blogger merupakan sebuah blog gratis milik google yang powerfull untuk sharing artikel. Kalau pun anda menginginkan custom domain blogger dengan domain Anda sendiri, maka anda tinggal membeli domain tanpa membeli hosting. Lebih murah tentunya. Misalnya saja domain santridrajat.blogspot dijadikan santridrajat.com maka tinggal membeli domainnya saja kan. Untuk tampilan blogger sendiri anda bisa menggunakan template-template gratisan maupun yang berbayar. Sekarang banyak para developer yang membuat template blog yang responsive design
Baca juga :  Apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)
Berbeda lagi bila mengingkan website yang dapat menampilkan database maka perlu adanya website CMS atau Framework CI, laravel dan sebagainya. Dengan memanfaatkan CMS maka anda dapat menampilkan database sesuai keperluan. Banyak dari pihak perguruan tinggi yang menggunakan CMS namun untuk menampilkan data mereka tetap membuat sebuah CMS untuk menampilkan data dari pihak perguruan tinggi. Biasanya Perguruan Tinggi  memiliki domain dan sub domain, domain utama untuk menampilkan website utama dan sub domain untuk keperluan tertentu. Misalnya pens.ac.id untuk halaman utama, pmb.pens.ac.id untuk website pendaftaran mahasiswa baru. Misalnya lagi unj.ac.id untuk halaman utama dan siakad.unj.ac.id untuk menampilkan siakad (sistem informasi akademi)
Untuk website sebuah perusahaan ada yang menggunakan sebuah website berbasis CMS wordpress. Bahkan adapula yang menggunakan blogger namun di custom domain. Mungkin supaya menyakin kepada kepada client itu menjadi suatu alasan pihak perusahaan yang mencustom domain mereka. Namun jangan tertipu bila ada mendapatkan sebuah sms atau teepon dari pihak tidak dikenal yang menyatakan Anda mendapatkan suatu hadiah. Biasanya mereka mengirimkan sebuah sms untuk mengunjungi sebuah website namun website tersebut adalah website palsu aatu diunakan untuk menipu saja. 

Baca juga :  Kelebihan Domain ID

Misalnya mtronikindosat.com, dari segi nama lumayan menyakinkan namun tetap memiliki celah. Agar lebih menyakinkan itu website penipu atau tidak silakan cek isi postingannya, halaman contact, halaman testimoni dan lain sebagainya. Karena banyak penipu menggunakan website berbasis blogger dan mengcustom menjadi domain sendiri.  Maka berhati-hatilah. Demikian ulasan mengenai Tips Memilih dan Membuat Jenis Website. Semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *