Home » Blog » Tips Membuat Blog atau Website Untuk Orang Awam

Tips Membuat Blog atau Website Untuk Orang Awam

Tips Membuat Blog atau Website Untuk Orang Awam – Bagi orang awam membuat blog adalah hal dirasa sulit karena belum paham dengan dunia blogging. Sebenarnya membuat blog mudah, dengan beberapa kali klik sudah jadi. Namun mengelola blog tersebut yang di rumit di banding membuatnya, itu berdasarkan pengalamn pribadi saya sebenarnya. Banyak orang yang membuat blog namun mengelola masih amburadul, tak jelas. 

Tips Membuat Blog atau Website Untuk Orang Awam

tips untuk blogger pemula
Dalam membuat blog sebenarnya yang paling penting adalah tujuan dari adanya blog itu sendiri. Tujuan. Itu yang saya rasa penting dalam pembuatan sebuah blog. Karena tanpa adanya tujuan yang jelas maka blog akan tidak tertata. Pengelola akan garuk-garuk kepala alias bingung bila membuat blog tanpa adanya tujuan. Bila Anda berkeinginan membuat sebuah blog maka alangkah baiknya Anda tetapkan tujuan pembuatan blog tersebut.

Kalau berniat menjadikan media promosi produk ya fokuslah bagaimana orang tertarik dengan produk yang di tawarkan di blog. Kalau membuat blog atau website sekolah ya buatlah blog yang menjelaskan tentang sekolah atau institusi tersebut dengan baik dan jelas. Kalau blog organisasi ya harus jelas, ini struktur organisasinya, ini program kerja organisasi, ini pengumumman, semua kudu jelas.

Terkadang ada blog yang cuma asal-asalan. Blog organisasi tapi tidak jelas. Mana struktur organisasinya, mana pengumumannya dan sebagainya. Yang lebih parah adalah tampilannya GJ alias Gak Jelas. Kalau tampilan saja tidak jelas mana mungkin pengunjung akan betah. Ya seperti halnya rumah kalau nyaman tentunya yang menempatinya akan betah.

 

Baca juga : Download Ebook Cara Membuat Template WordPress dari Nol

Ketika seorang pengunjung datang dan merasa senang karena isi yang di perlukan ada. Maka pegunjung tersebut bisa kembali lagi ke blog tersebut. Gunakan pula tombol navigasi (arah) yang tepat, jangan sampai tulisan menu download namun muncul artikel. Kalau sampai itu terjadi bisa-bisa pengunjung kapok berkunjung ke blog Anda karena merasa tertipu

Masalah yang sering di hadapi seorang blogger awam seperti saya dulu adalah otak atik atau gonta-ganti terhadap template. Template merupakan bagian untuk merubah tampilan. Terkadang kita cenderung tergiur dengan template blog orang lain yang terlihat bagus sampai-sampai lupa terhadap content blog nya. Untuk mengikuti perkembangan zaman boleh lah kita mengganti template sebuah blog. Namun tidak harus gonta-ganti yang penting blog tersebut berisi konten (isi) yang di perlukan pengunjung.

Kesimpulan Tips Membuat Blog atau Website Untuk Orang Awam:

  1. Tetapkan tujuan awal sebuah blog
  2. Gunakan Desain template yang cocok (sesuai dan pas) dan Usahakan responsive design
  3. Gunakan Tombol navigasi yang tepat
  4. Isi konten dengan sebaik dan setepat mungkin
Itu beberapa point tentang bagaimana membuat dan mengelola blog. Saya tidak berniat menggurui namun hanya sekedar berbagi ilmu dan pengalaman. Saya sendiri juga masih terus belajar dan belajar, so  mohon maaf bila ada salah dan kurang tepat. Terima kasih. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Amin

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Thanks for sharing.. Like this article

  2. Terima kasih mas… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *