Home - Hardware - Tips Membeli Laptop Bekas atau second

Tips Membeli Laptop Bekas atau second

Tips Membeli Laptop Bekas atau second – Jika dahulu pernah saya tulis bagaimana cara membeli HP Second atau bekas maka sekarang kita akan membahas bagaimana cara membeli laptop bekas atau second agar tidak tertipu dan kecewa.
 

Alasan Membeli Laptop Bekas

Beberapa alasan mengapa orang ingin memiliki laptop bekas atau second :
  1. Budget terbatas
  2. Ingin laptop spesifikasi tinggi namun dana pas-pasan
  3. Ditawari orang dekat / teman / keluarga laptop bekas atau second
 

Tips Membeli Laptop Bekas

Sebelum membeli laptop bekas ada baik ketahuilah beberapa point di bawah ini :
 

-Ketahui spesifikasi secara lengkap

Hal ini dimaksudkan agar kita paham betul tentang spesifikasinya. Jangan sampai membeli kucing dalam karung alias kita membeli barang yang tidak tahu isinya seperti apa.
 

-Pernah service atau tidak

Jika pernah diservice kemungkinan terjadi kerusakan. Dikhawatirkan jika sudah diservice kondisinya tidak bisa normal. Kalau masalah software tidak masalah. Apalagi sekeder instal ulang sistem operasi. Tapi kalau masalah hardware perlu dipertimbangkan ulang.
 

-Hardware Kondisi normal

Cek semua komponen agar nantinya tidak kecewa setelah terjadinya transaksi jual beli. Pengecekan ini meliputi hardsik, LCD, DVD Room, Keyboard Port USB, Port Audio, Charge dan lain sebagainya.
 
 

-Cek Fisik Luar

Agar puas membeli laptop seken maka perlu kita mengecek semua komponen termasuk fisik luarnya. Misalnya saja cek bagian tertentu, karena bisa saja laptop pernah terjatuh. Kalau pernah terjatuh bisa saja komponen dalamnya terkena imbasnya atau mengalami kerusakan.
 

-Perlukah Cek Software ?

Menurut pribadi saya software ini tidak perlu dipusingkan karena hal ini bisa diganti sesuka hati. Tergantung selera pemiliknya. Masalah sistem operasi jika anda punya pengalaman bisa menginstal sendiri dan software lainnya bisa didapatkan di internet.
 

-Cek Baterai

Komponen ini merupakan komponen penting. Karena yang membeda antara laptop dan komputer adalah hal ini. Jika laptop dapat digunakan dimana saja dengan menggunakan baterai ini maka jika laptop yang akan dibeli baterainya tidak berjalan dengan normal maka akan serasa menggunakan komputer. Hehehe
 
Tanyakan pada pemiliknya apakah baterainya normal dan masih tahan lama. Jika normal maka silakan beli.
 
 

-Mintalah Garansi

Sebelum membeli ada baiknya meminta garansi. Hal ini mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak kecewa setelah membeli.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *