Home - Internet Marketing - Tips Belanja Online Secara Aman

Tips Belanja Online Secara Aman

Tips Belanja Online Secara Aman – Belanja secara online sudah hal yang tidak asing lagi di zaman yang serba internet ini. Dengan memanfaatkan HP maka kita dapat melakukan transaksi pembelian secara online.

Ada banyak toko online mulai dari yang kecil sampai besar seperti lazada, matahari mall, blibli, tokopedia dan lain sebagainya. Ada toko online yang menjual barang-barang sendiri ada pula yang dapat digunakan sebagai perantara atau layaknya REKBER (rekening bersama). Apa itu rekening bersama ? Nanti akan di jelaskan.

 

Baca juga : Cara Berjualan Secara Online Secara Efektif Menggunakan Sosial Media


Berbicara belanja online tentunya pembeli tidak mau kecewa karena salah membeli barang atau bahkan tertipu. Karena sekarang banyak penipuan yang menggunakan toko online sebagai alat untuk menipu.

 Tips Belanja Online Secara Aman

Tips Belanja Online Secara Aman

Tips Belanja Online Secara Aman di bawah ini mungkin dapat membantu anda agar tidak mudah tertipu ketika membeli barang secara online

1. Bandingkan Harga Dengan Toko Online Lain

Sebuah kamera DSLR yang aslinya 12 juta kemudian ada toko online yang menjual dengan harga 4 juta dengan alasan Black Market atau tidak melalui bea cukai, tanpa izin. Mungkin dari pembaca pernah menemukan seperti itu. Jangan mudah tertipu dengan hal yang seperti itu. Bisa saja barang memang ada namun KW bukan asli. Jika harga murah tetapi selisihnya dengan harga normal tidak jauh itu yang logis dan tidak menipu.

2. Cek Kredibilitas Toko Online Tersebut

Situs Polisi online merupakan salah satu website yang menyediakan layanan untuk mengecek apa toko online tersebut menipu atau tidak. Sebelum membeli silakan cek terlebih dahulu disana.

3. Gunakan Pembayaran Rekening Bersama  (REKBER)

Rekening Bersama adalah menggunakan rekening orang ketiga antara penjual dan pembeli. Misalnya ada 3 orang, Si A, Si B dan Si C. Si A menjual barang kepada Si C dan terjadilah transaksi pembelian dengan menggunakan rekening Si B. Si A mentransfer uang ke rekening Si B dengan jumlah di tentukan, dan si C mengirim barang ke Si A. Baru ketika barang sampai di si A uang yang berada di rekening Si B di transfer ke rekening si C

 

Dan biasanya si B juga mendapatkan komisi uang dari penjual atau pembeli, dan jumlah tergantung ketentuan. Dengan menggunakan rekber semacam ini transaksi akan aman. Namun hati-hati karena ada jasa rekber yang menipu dan bersekongkol dengan penipu lainnya. Jadi pilihlah jasa rekber yang benar-benar terpercaya.

4. Teliti Barang Sebelum Membeli

Jangan membeli kucing dalam karung. Jika membeli barang usahakan membeli barang yang benar-benar anda tahu detailnya. Karena banyak pembeli tanpa tahu jenis barangnya dan membeli dan setelah barang diterima kecewa karena tidak sesuai yang dibayangkan. Karena itu lah perlu kita meneliti barang dengan detail sedetailnya, tetapi jangan cerewet. 😀

5. Minta Garansi

Saat pengiriman barang terkadang terjadi kesalahan, misalnya barang terjatuh. Jika mengirim barang yang mudah pecah sebaiknya di kemas yang baik atau di packing kayu agar apabila terjatuh tidak merusak barang. Dan juga minta garansi kepada pembeli jika terjadi kerusakan barangnya.

Beberapa Tips Belanja Online Secara Aman di atas semoga dapat menambah wawasan kita. Semoga Bermanfaat dan Terima kasih.

 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Mukhofas Al-Fikri

    tips tips yg mantap dan menjadi referensi untuk pembeli online pemula entah siapa orangnya.

    dengan menggunakan tips tips diatas insya allah aman deh..

    Mukhofas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *