Home » Blog » Tips Belajar Pemograman Untuk Pemula

Tips Belajar Pemograman Untuk Pemula

Tips Belajar Pemograman Untuk Pemula – Dalam dunia pemograman web tentunya kita akan mengenal HTML, CSS dan PHP, MYsql. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia Pemograman web HTML, CSS, PHP dan MYSQl adalah hal yang mudah. Namun bagi orang awam tentunya akan terasa sulit. Semuanya butuh proses. Dalam dunia pemograman web juga adanya sebuah proses pembelajaran. Jadi, bagi Anda yang baru bergelut dengan dunia pemograman jangan takut untuk mempelejari bahasa-bahasa pemograman. 

Tips Belajar Pemograman Untuk Pemula

 

Baca juga : Download Ebook Cara Membuat Tema WordPress dari Nol

 
tips belajar pemograman webPembelajaran pemograman web sendiri ada tahapan-tahapan yang mana setiap proses harus dilalui. Di dalam dunia pendidikan mungkin Anda diajarkan secara terpotong-potong. Contohnya saja, minggu ini di ajarkan bagaimana dasar-dasar html, minggu berikutnya Anda diajarkan tabel dalam web, dan sebagainya. Mungkin Anda bertanya, kapan bisa membuat web kalau diajarkan terpotong-potong ? Ya memang itulah proses yang harus dilalui, bertahap.
 
Kalau Anda ingin membuat bisa membuat web maka Anda harus mengembangkan ilmu yang di dapat dari dunia pendidikan. Terkadang malah pada semester awal Anda disugukan dengan pemograman web namun pada semester selanjutnya Anda di ajarkan pemograman JAVA. Tidak usah bingung, teruslah belajar dan belajar dan kembangkan. Mengembangkan, itu kunci sukses programmer.
 

Baca juga : Download Template Responvise Desain Brosense Terbaru

 
Apakah bisa membuat website tanpa harus mengetahui bahasa-bahasa pemograman ? Ada, dengan menggunakan CMS (Content Manajement System) maka dengan beberapa kali klik website Anda sudah bisa di akses. Tapi lebih afdol bila Anda juga mempelajari bahasa pemograman karena sedikit banyak Anda akan di hadapkan dengan bahasa pemograman.
 
Kembali ke PHP, CSS dan PHP, MYSQl. Mana yang harus dipelajari lebih dahulu ? Bila Anda akan belajar pemograman web pertanyaan tersebut ada di benak Anda. Yang pertama yang harus di pelajari sebagai programer web adalah HTML dan CSS. HTML sendiri merupakan bahasa dasar untuk membuat sebuah web. Sedangkan dan CSS adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk mempercantik tampilan sebuah web. Dengan HTML dan CSS anda dapat membuat halaman web statis.
 
Selanjutnya, Anda mempelajari PHP dan MYSQL. PHP sendiri adalah bahasa pemograman yang dapat menyingkat Anda dalam membuat web dinamis. Contohnya saja bila Anda membuat website dinamis. Bila Anda membuat website dinamis dan ingin mengganti isi bagian body maka Anda hanya perlu memanggil bagian isi body yang baru tanpa harus membuat seluruh halaman. Sedangkan MYSQL adalah bahasa yang digunakan untuk manajemen data, mengelola data, dan sebagainya yang intinya berhubungan dengan data.
 
Contohnya : Bila Anda di berada di kampus yang perkuliahan menggunakan sistem kuliah SKS (Sistem Kredit Semester) maka Anda akan di hadapkan dengan sisteman manajemen akademi kampus. Dengan sistem manajemen akademi kampus maka Anda akan disugukan dengan mata kuliah yang harus di pilih, memilih dosen, memilih waktu dan sebagainya
 
Sebenarnya banyak bahasa pemograman yang lain, namun yang biasa digunakan adalah HTML, CSS, PHP dan MYSQL. Dapat disumpulkan bila Anda ingin mendalami dunia pemograman web maka yang harus di pelajari adalah
1. HTML dan CSS
2. PHP dan MYSQL
 
Apakah harus urut seperti di atas ? Sebaiknya harus urut seperti di atas agar Anda sepenuhnya memahami dasar-dasar pemograman web. Demikian Tips Belajar Pemograman Untuk Pemula. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *