Home - Hardware - Tips Agar Prosessor Komputer Tidak Mudah Panas

Tips Agar Prosessor Komputer Tidak Mudah Panas

Tips Agar Prosessor Komputer Tidak Mudah Panas – Prosessor merupakan otak dari sembuah komputer atau laptop. Prosessor satu dengan yang lainnya memiliki kemampuan berbeda-beda, tidak sama. Jika di komputer A dapat memproses data dengan cepat dan di komputer B memproses data dengan lama maka kemungkinan prosessor di komputer A lebih tinggi kemampuannya dari pada komputer B.Penggunaan komputer dalam waktu yang lama, misalnya digunakan seharian penuh maka akan menyebabkan prosessor ini panas. Apalagi jika digunakan untuk hal yang sifatnya berat misalnya bermain game besar-besar.
Tips Agar Prosessor Komputer Tidak Mudah Panas

Beberapa tips di bawah bisa anda terapkan pada komputer anda agar tidak mudah panas :

1. Rapikan Kabel Di Dalam CPU

Di dalam CPU inilah terdapat sebuah hardware yang bernama Prosessor. Karena itulah jika keadaan di dalam CPU tidak tertata maka akan menyebabkan prosessor cepat panas. Panas yang di dalam CPU tidak bisa di keluarkan karena terhalang kabel-kebal yang semrawut tidak karuan

2. Gunakan Kipas Yang Berkualitas

Kipas prosesor sangat berpengaruh kepada prosesor. Jika putaran kipas kurang maksimal maka menyebabkan prosesor over heating atau mengalami panas berlebih. Jika sudah terjadi panas berlebih maka komputer akan restrat sendiri. Untuk itulah gunakan kipas yang putarannya stabil, memang dari segi harga kipas yang bagus akan sedikit lebih mahal.

3. Buka tutup casing CPU

Salah satu bagian CPU ada yang dapat dilepas. Jika komputer sering digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya lepas casing agar sirkulasi udara lebih lancar.Buka tutupp casing namun tetap jaga kebersihan CPU jangan sampai ada debu yang masuk ke dalam CPU.Baca juga : Cara Merawat CPU Yang Baik dan Benar

4. Gunakan Thermal Paste Secara Berkala

Thermal paste adalah gel yang digunakan untuk dioleskan di permukaan prosesor. Fungsinya untuk merekatkan antara kipas ke prosesor dan juga untuk mengurangi suhu panas prosesor. Namun pengolesannya jangan sampai terlalu banyak, secukupnya saja. Gantii secara berkala, sebulan sekali atau waktu-waktu tertentu. Kalau terlalu banyak akan merembet ke bagian lain dan dapat terjadi konsleting listrik di dalam CPU.

5. Gunakan Kipas Double

Penggunaan kipas double akan dapat membantu sirkulasi udara di dalam CPU. Kipas double ini maksutnya di pasang di casing CPU. Jadi double maksutnya kipas CPU + kipas prosesor. Biasanya casing CPU game sudah dibekali dengan double kipas ini. Tujuan kipas ini bukan hanya untuk aksesoris tetapi juga untuk kebutuhan, membantu sirkulasi udara.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *