Home » Sosial Media » Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota

Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota

Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota – Berbicara masalah kuota, aplikasi Facebook merupakan salah satu aplikasi yang banyak memakan kuota. Sebelum berbicara lebih jauh, perlu sobat ketahui bahwa di android terdapat 2 macam aplikasi Facebook yakni Facebook Reguler yang warna logonya BIRU dan Facebook Lite yang mana warna PUTIH. Keduanya jelas ada perbedaan. Simak penjelasan perbedaan keduanya di “Perbedaan Facebook dan Facebook Lite”.

Keduanya tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Salah satu kekurangan dari facebook reguler yang berlogo biru adalah borosnya kuota.

Jika sobat sering sekali membuka facebook maka akan terasa sekali bahwa facebook ini memboroskan kuota. Saya sendiripun merasakan bahwa facebook ini memboroskan kuota. Dan akhirnya facebook ini saya uninstall saja. 😀 Dan juga facebook ini radak ribet. Untuk mengirim pesan tidak bisa langsung, harus menginstal Messanger Facebook terlebih dahulu. Kalau HP dengan spesifikasi lumayan tidak masalah tapi kalau menggunakan HP Android yang spesifikasinya biasa atau rendah maka akan terasa lemotnya.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghemat kuota facebook di Android ini. Kalau sobat berminat silakan menggunakan tips agar facebook di android lebih irit kuota di bawah ini.

Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota

1. Matikan Auto Play Video

Bagi yang memiliki teman suka share video sebaiknya matikan saja fitur ini. Karena fitur ini bisa memboroskan kuota. Karena jika fitur ini aktif maka setiap video yang ada di beranda facebook akan memutar otomatis tanpa kita perintah. Hal ini akan membuat kuota akan tersedot dengan cepat.

Untuk mematika Fitur auto play ini berikut caranya :

  • Silakan masuk pada pengaturan di pojok kanan atas yang ditandai dengan garis-garis.
  • Kemudian pilih menu UMUM – PUTAR OTOMATIS
  • Silakan Pilih Pilih Wifi Saja atau Jangan Pernah Putar Video Otomatis. Silakan pilih Wifi Saja apabila menggunakan wifi unlimited.

Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota

2. Aktifkan Penghemat Data

Di Facebook sebenarnya sudah ada menu untuk menghemat data. Dengan cara mengaktifkan menu ini kita akan bisa mengatur kuoata kita.

Cara untuk mengaktifkan Penghemat Data ini adalah sebagai berikut.

  • Masuk pada pengaturan
  • Scroll Ke bawah sampai menemukan “Penghemat Data”
  • Akan muncul menu baru dan silakan pilih aktifkan.
  • Pada menu penghemat data ada “Selalu matikan penghemat Data saat menggunakan Wifi”. Yang mana maksutnya adalah ketika HP Android kita terhubung dengan koneksi wifi maka penghemat data tidak akan aktif.

Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota

3. Nonaktifkan Upload HD Version (Foto dan Video)

Boleh saja kita upload foto dan video di facebook. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari foto dan video yang akan di upload tersebut. Jika ukuran besar (HD) maka untuk mengupload akan membutuhkan banyak data internet. Namun hal ini bisa disiasati dengan cara menonaktifkan Upload Upload Foto dan Video HD ini.

Cara menonaktifkan Upload Foto dan Video HD sebagai berikut :

  • Masuk pada pengaturan
  • Pilih menu Umum
  • Pilih menu “Unggah Semua Foto Dalam HD” dan Juga “Unggah Semua Foto Dalam HD”.
  • Nonaktifkan kedua menu tersebut seperti gambar di bawah ini.

Tips Agar Facebook Di Android Lebih Irit Kuota

Dengan cara di atas kita bisa menghemat kuota internet untuk aplikasi facebook. Cocok untuk yang Faqir Kuota 😀 Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman yang lainnya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *