Tidak Bisa Update Chrome, Ini Solusinya

Tidak Bisa Update Chrome, Ini Solusinya – Mengatasi masalah update Chrome & update yang gagal merupakan yang tidak sulit dilakukan. Untuk mengatasi hal ini cukup dengan mengotak-atik sendiri tanpa harus datang ke tukang servis laptop atau PC.

Chrome merupakan browser yang banyak digunakan saat ini. Keberadaan Chrome ini merupakan alternatif bagi pengguna browser firefox. Walaupun kehadiran firefox lebih awal daripada chrome namun jangan salah. Chrome merupakan browser yang paling banyak digunakan di berbagai sistem operasi. Baik itu sistem operasi dekstop maupun mobile.

Baca juga :  Traveling dan Menjelajah Angkasa Bersama Google

Perkembangan Browser Chrome tidak lepas dari nama besar Google sendiri sebagai pengembang. Google sebagai pengembangan membuat Chrome berkembang pesat. Hal ini merupakan nilai plus.

Walaupun Google Chrome merupakan salah satu browser favorit namun ada kalanya mengalami kendala. Kendala yang terjadi pada chrome adalah tidak bisa update.

Tidak bisa update chrome merupakan hal yang wajar karena memang sebuah software tidak lepas dari yang namanya bug. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi tidak bisa update chrome dekstop.

Baca juga :  Cara Cepat Mencari File di Windows

Tidak Bisa Update Chrome, Ini Solusinya

Tidak Bisa Update Chrome, Ini Solusinya

Sebelum membahas lebih jauh, ada beberapa permasalah yang terjadi ketika mengupdate chrome di laptop atau PC. Biasanya user akan melihat permasalahan seperti :

  • Update gagal: Update dinonaktifkan oleh administrator
  • Update gagal (Error: 3 atau 11) Terjadi error saat memeriksa update: Server update tidak tersedia
  • Update gagal (Error: 4 atau 10) Terjadi error saat memeriksa update: Gagal memulai pemeriksaan update
  • Update gagal (Error: 7 atau 12) Terjadi error saat memeriksa update: Download gagal
  • Komputer ini tidak akan menerima update Chrome lagi karena Windows XP dan Windows Vista sudah tidak didukung
  • Google Chrome mungkin tidak dapat diupdate secara otomatis.
  • Error lain yang menyebutkan bahwa “Update gagal”
Baca juga :  Mengenal Berbagai Sistem Operasi (OS) pada Handphone

Jika mengalami tanda seperti di atas maka cobalah beberapa langkah di bawah ini.

– Uninstal dan Download Chrome lagi

Apabila mengalami trouble atau gagal update chroma maka langkahnya sebagai berikut :

  1. Uninstal Chrome di laptop atau PC
  2. Setelah itu cobalah download ulang chrome
  3. Apabila gagal download menggunakan installer maka cobalah download langsung file standalone. Namun filenya cukup besar. Untuk Windows download disini dan untuk Mac Download
  4. Pastikan ketika install kamu login sebagai administator

– Cek Akses Kontrol Antivirus dan Firewall

Apabila kamu user biasa maka kamu bisa cek akses kontrol. Kamu dapat bertanya kepada administator tentang hal akses tentang pemblokiran internet dan juga pastikan tools.google.com dan dl.google.com tidak diblokir.

– Reboot atau Restart komputer

Apabila telah menginstal software lain ada baiknya restart atau reboot Komputer kesayangan mu tersebut. Melakukan Reboot atau Restart komputer agar semua software berjalan sesuai tugasnya. Tidak mengganggu software lain. Misalnnya menutup atau memblokir update chrome.

Baca juga :  Cara Konversi PDF ke JPG Dengan Mudah Secara Online Dan Offline

– Periksa apakah ada malware di Komputer

Software lain dapat mengganggu kinerja browser chrome. Karena itulah adakalanya kalian periksa agar tidak menjadi pengganggu update chrome ini. Kalin bisa cek di daftar aplikasi. Uninstall saja aplikasi yang mencurigakan atau bahkan tidak merasa menginstalnnya.

Untuk user Mac ada banyak software yang harus di uninstall apabila terjadi gagal update chrome. Berikut ini daftar software yang mengganggu : BrowseFox, PullUpdate, Vitruvian, V-Bates, SearchProtect, SupTab, MySearchDial, SaveSense, Price Meter, Mail.ru Sputnik/Guard, Conduit Toolbars, Community Alerts & ValueApps, Wajam, Multiplug, Shopper Pro, Stormwatch, SmartBar, Dealply, SmartWeb. MySearch123, AdPea, Etranslator, CouponMarvel, PriceFountain, Techsnab, Colisi, BrApp, LuckyTab, OneCall, Crossrider, Eorezo, Consumer Input, Content Defender, Movie Dea.

Baca juga :  Apa Fungsi Tombol Windows di Keyboard itu

– Cek Persyaratan sistem

Mohon maaf untuk user sistem operasi yang jadul. Chrome tidak akan berfungsi pada platform lawas berikut:

  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Mac OS X 10.6, 10.7, dan 10.8

Maka dari itu gunakan sistem operasi terbaru agar dapat menggunakan browser chrome ini. Ada beberapa spesifikasi minimal agar tetap dapat menggunakan browser chrome yaitu :

  • Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows 11 atau yang lebih baru
  • Prosesor Intel Pentium 4 atau yang lebih baru dengan kemampuan SSE3

Tetapi apabila menemukan error “Sudah tidak didukung” pada Windows. Jika komputer demikian walaupun telah memenuhi persyaratan sistem Windows di atas, namun Chrome tidak dapat dimulai atau Anda melihat pesan error “Komputer ini tidak akan menerima update Google Chrome lagi karena Windows XP dan Windows Vista sudah tidak didukung”, kemungkinan Chrome disetel untuk berjalan dalam Mode Kompatibilitas Windows.

Untuk menonaktifkan Mode Kompatibilitas caranya sebagai berikut:

  • Di komputer, klik kanan ikon Chrome
  • Klik Properti lalu Kompatibilitas
  • Hapus centang “Jalankan program ini dalam mode kompatibilitas untuk”

Begitulah cara mengatasi Chrome yang gagal update. Kalian bisa mencoba trik di atas agar chrome kembali update dan berjalan dengan normal.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.