Home » Tips Android » Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut

Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut

Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut – Root di Android memang menjadi salah satu solusi bagi yang ingin smartphone mereka berjalan di atas rata-rata atau bisa dibilang melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh HP Android pada umumnya.

Tren akan root ini terjadi beberapa tahun yang lalu. Pada waktu itu Android tidak seperti sekarang ini, masih dibilang langkah. Langkah karena memang hp android saat itu tergolong cukup mahal. Teringat teman saya yang membeli hp samsung galaxy young yang ram kurang dari 500Mb dengan harga sekitar 1,5 juta 😀 Wajar saja karena memang waktu itu merk HP Android tidak sebanyak sekarang. Si Nokia saja waktu itu masih menggunakan Windows Phone.

Baca juga:

Akses root merupakan pembukaan akses pada sistem operasi seperti linux dan android yang mana tujuannya dapat melakukan akses penuh. Akses penuh agar bisa mengurangi atau menambah kemampuan atau merubah dalam sistem operasi tersebut. Salah satu tujuan root adalah menghapus fitur atau aplikasi yang memberatkan sehingga sistem operasi dapat berjalan dengan ringan.

Namun saat ini root mulai asing kembali. Karena masyarakat root sudah tidak begitu dibutuhkan. Alasan-alasan lain mengapa root android zaman sekarang tidak lagi menjadi trend sebagai berikut :

Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut

Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut

Android Semakin Murah

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa untuk memiliki android waktu itu memang cukup menguras kantong. Tetapi zaman sekarang sudah tidak lagi. Dengan uang sekitar 500 ribu saja kita bisa memiliki HP Android second dengan RAM 1 Gb bahkan ada yang 2Gb. Kalau RAM sudah besar maka aktifitas harian pun lancar, tanpa root pun HP tetap lancar. Karena aktifitas sudah lancar maka tidak perlu lagi akses root kan ? Jadi mereka akhirnya mengabaikan yang namanya root android.

Banyak Aplikasi Bisa Dijalankan Tanpa Root

Ada aplikasi-aplikasi khusus yang memang hanya bisa digunakan untuk HP Android yang root. Hal ini terkadang menjadi kendala bagi pengguna Android yang kesulitan melakukan rooting. Karena itulah para developer aplikasi android memberikan solusi dengan cara membuat aplikasi yang tetap bisa digunakan tanpa harus root terlebih dahulu.

Salah satu contoh aplikasi yang biasanya meminta akses root adalah hack wifi. Namun sekarang tidak lagi seperti itu. Beberapa waktu yang lalu sudah ditulis artikel “Android…. ” yang mana merupakan aplikasi hack wifi android yang bisa digunakan tanpa harus root.

Root Yang Semakin Terbatas dan Beresiko

Tidak semudah waktu itu. Kiranya itu kesimpulan saat ini tentang root. Root android zaman sekarang lumayan sukit karena para vendor semakin pintar dalam menutup celah HP android agar tidak di root. Hal ini tujuannya agar android yang digunakan oleh customer tetap sesuai standart dari mereka. Karena mereka sudah melakukan test dan memberikan HP android yang sudah maksimal untuk customer. Jika dilakukan root maka akses atau standart dari vendor akan hilang. Jika hilang maka customer tidak akan bisa melakukan garansi resmi.

Baca juga :

Lain-lain

Mungkin ada yang lain ? Apakah sobat memiliki alasan lain mengapa tidak melakukan root android. Jika memiliki pengalaman rooting android silakan share di kolom komentar. Dan kiranya cukup sekian dulu tentang Sudah Tidak Zamannya Root Android, Alasannya Sebagai Berikut ini. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *