Home » Tips Windows » Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah

Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah

Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang BermasalahWindows 10 merupakan sistem operasi dari microsoft yang paling baru. Windows sendiri kita kenal sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Ada banyak alasan mengapa orang suka menggunakan windows daripada sistem operasi lainnya.

Sebenarnya apa kelebihan dari windows 10 ? Itu yang ada dipikiran saya. Karena saya sudah pernah menggunakan windows 8 dan malah membuat data saya hilang. Akhirnya saya trauma menggunakan windows 8 ataupun 8.1. 😀 Penasaran dengan windows 10 yang lebih baru daripada windows 8, akhirnya saya instal windows 10.

Namun setelah instal windows 10 yang terjadi malah terjadi sedikit masalah. Masalah yang terjadi adalah windows tidak bisa diatur kecerahannya atau brightnesnya. Mengapa demikian ? Apakah ada driver yang belum terinstal ? Ataukah masalah lain ?

Masalah driver sudah saya selesai instalnya. Semua driver sudah terinstal dengan baik. Tetapi mengapa tetap saja kecerahan atau brightnes tidak bisa diatur ? Ternyata penyebabnya adalah masalah driver yang kurang up to date. Jika sudah begini tentunya sobat mengerti apa yang harus dilakukan kan ? Update driver tentunya.

Baca juga : Ciri Hardisk Mengalami Kerusakan

Untuk melakukan update sebenarnya bisa langsung di pengaturan windows. Namun hal itu tidak saya sarankan karena yang terjadi malah tidak bisa melakukan update. Atau download update manual malah akan membuat ribet.

Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah

Solusi masalah brightnes atau kecerahan adalah dengan menggunakan software. Saya menggunakan IObit Driver Booster sebagai software yang mampu mengupdate driver kita.

1. Silakan Download IObit Driver Booster

2. Setelah download silakan Instal seperti biasa

3. Secara otomatis software akan mendeteksi software-software di laptop sobat yang perlu di download.

4. Silakan klik UPDATE pada semua driver dan secara otomatis driver-driver yang perlu diupdate.

5. Setelah selesai update semua driver restart komputer atau laptop sobat dan lihat hasilnya.

Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah

Tampilan yang menunjukkan bahwa IObit telah melakukan update driver

Dengan melakukan update driver maka permasalahan pada kecerahan atau brightness akan selesai dan kecerahan dapat diatur seperti gambar di bawah ini.

Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah

Baca juga : Cara Mempercepat Download IDM

Jika sobat santri drajat mengalami permasalahan yang sama seperti di atas silakan gunakan cara di atas. Kalau menggunakan cara lain bagaimana ? Misalnya menggunakan Driver Pack Solution atau yang lainnya ? Silakan saja. Karena kita tahu sendiri bahwa driver pack solution file di atas 10 giga, kalau ingin mendownload ya silakan saja. Kalau saya lebih suka menggunakan cara di atas. Lebih mudah dan simpel. Tidak perlu download banyak driver. Sekian dulu tentang Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Solusi Brightnes atau Kecerahan Windows 10 Yang Bermasalah ini.

Bagikan Artikel Kami

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Panduannya jelas, Kang, makasih banyak yaaa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *