Home » Internet Marketing » Sejarah Captcha dan Fungsinya

Sejarah Captcha dan Fungsinya

Sejarah Captcha dan Fungsinya – Pernahkah Sobat Santri Drajat ketika mendaftar suatu akun kita diharuskan untuk memasukkan huruf atau angka tertentu yang mana gambarnya dibuat tidak jelas ? Jika sobat pernah itu merupakan salah satu contoh dari captcha.

CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia. Intinya Captcha merupakan kode verifikasi bahwa yang memasukkan kode adalah manusia.

Baca juga :

 

Dahulu ada kasus yang mendaftar ke dalam sebuah sistem bukanlah manusia melainkan robot yang berupa script. Tentunya hal ini sangatlah mengganggu. Secara ilmiah metode ini ditemukan oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM) pada tahun 2000.

Sejarah Captcha dan Fungsinya

Fungsi Captcha

1. Mencegah SPAM

Zaman sekarang serba canggih. Seseorang bisa menciptakan script mana digunakan untuk SPAM atau sifatnya mengganggu suatu situs maka dari itulah diperlukan captcha ini.

2. Melindungi Server

Jika yang menyerah server adalah sebuah bot maka akan membenani sistem. Hal ini bisa menyebabkan sistem down karena diserang bot yang tidak jelas.

3. Valiadasi Data pada Form Pendaftaran

Pada saat pendaftaran suatu akun, baik itu akun pendaftaran sosmed, email dan sebagainya maka captcha ini sangat penting. Hal ini untuk mengurangi pendaftaran fiktif yang menggunakan bot.

Begitulah sekilas tentang captcha. Sekian tentang Sejarah Captcha dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *