Home - Android News - Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Samsung merupakan salah satu produsen smartphone yang sangat populer, di mana perusahaan tersebut sendiri telah memproduksi berbagai macam jenis dan tipe smartphone untuk berbagai kelas. Mulai dari smartphone kelas menengah ke bawah hingga smartphone kelas menengah atas atau flagship tersedia cukup lengkap. Bahkan, tidak jarang Samsung merilis dua ponsel dengan nama yang hampir serupa, seperti salah satunya seperti Samsung J7 Pro dan Samsung J7 Prime.

Secara umum, Samsung Galaxy J7 Pro dirilis pada tahun 2016, sedangkan Samsung J7 Prime dirilis satu tahun kemudian yakni 2017. Berdasarkan tahun perilisan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Samsung J7 Prime hadir dengan beberapa teknologi yang lebih baru. Hanya saja, yang menjadi pertanyaan, apakah memang benar Samsung J7 Prime lebih gahar dibandingkan Samsung Galaxy J7 Pro ? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan di bawah ini.

Layar

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

© samsung.com

Untuk masalah layar, kedua smartphone ini memiliki layar yang tidak jauh berbeda. Keduanya dilengkapi dengan layar masing-masing berukuran 5,5 inci. Tentunya dengan ukuran layar selebar itu, maka mampu membuat penggunanya semakin nyaman dalam beraktivitas. Kedua layar smartphone ini juga telah didukung dengan resolusi hingga Full HD. Hanya saja, jenis layar Samsung Galaxy J7 Pro lebih bagus, yaitu Super AMOLED, sedangkan Samsung Galaxy J7 Prime hanya memakai layar berjenis PLS TFT saja. Dan sudah barang tentu, kualitas serta ketajaman Super AMOLED jauh di atas PLS TFT.

Prosesor

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Selain layar, kedua Samsung Galaxy seri J ini hadir dengan prosesor yang sama, yakni Exynos 7870 yang memiliki clock speed 1.6GHz Octa-core. Performa prosesor yang cukup baik tersebut juga telah didukung dengan kapasitas RAM sebesar 3GB.
Perbedaan kedua smartphone ini terletak pada kapasitas memori internal yang dimiliki. Untuk masalah internal storagenya, terdapat 2 varian untuk Samsung Galaxy J7 Prime, yaitu yang dilengkapi dengan ROM sebesar 16GB dan 32GB. Sedangkan untuk Samsung Galaxy J7 Pro hanya terdapat satu varian saja, yaitu dengan ROM sebesar 64GB.

Kamera

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Beralih ke fitur kameranya, sekali lagi Samsung menyematkan lensa kamera utama yang memiliki resolusi sama untuk kedua produk mobilenya itu. Resolusi lensa kamera utama yang dimiliki baik Samsung Galaxy J7 Pro maupun Samsung Galaxy J7 Prime yaitu sebesar 13MP.

Hanya saja, perbedaan dari fasilitas kamera di kedua perangkat ini adalah terletak pada resolusi kamera depannya, di mana pada Samsung Galaxy J7 Pro dilengkapi dengan kamera depan sebesar 13MP, sedangkan Samsung Galaxy J7 Prime hanya memiliki lensa kamera dengan resolusi sebesar 8MP saja. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kamera depan Samsung galaxy J7 Pro mampu menghasilkan kualitas foto selfie yang tajam dan juga detail.

Baterai

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Untuk masalah baterai, nampaknya Samsung Galaxy J7 Pro lebih unggul atas Samsung Galaxy J7 Prime. Memang keduanya menggunakan jenis baterai non-removable Lithium Ion, hanya saja kapasitasnya yang berbeda.

Pada Samsung Galaxy J7 Pro, kapasitas baterainya mencapai 3600 mAh, sedangkan yang dimiliki Samsung Galaxy J7 Prime adalah sebesar 3300 mAh. Meski memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh, tetap saja baterai Samsung Galaxy J7 Pro dapat bertahan sedikit lebih lama.

Fitur Lain

Samsung J7 Pro Vs Samsung J7 Prime, Mana yang Tepat untuk Anda?

Fitur tambahan yang terdapat pada kedua smartphone ini sekali lagi tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya dilengkapi dengan teknologi port microUSB 2.0, sensor fingerprint, WiFi dan juga teknologi Bluetooth 4.1.

Hanya saja, terdapat satu nilai plus pada Samsung Galaxy J7 Pro, yaitu terdapatnya teknologi NFC yang tidak dipunyai Samsung Galaxy J7 Prime. Dengan menggunakan fitur ini, maka penggunanya dapat melakukan proses pembayaran menggunakan Samsung Pay dengan mudah dan cepat.

Berdasarkan beberapa beberapa perbedaan yang telah disebutkan di atas, kedua smartphone ini kurang lebih sama, hanya saja ada sedikit perbedaan di dalamnya. Dari sedikit perbedaan tersebut, maka mau tidak mau membuat Samsung Galaxy J7 Pro dikatakan lebih unggul atas Samsung Galaxy J7 Prime.

Bahkan untuk masalah harganya, Samsung galaxy J7 Pro dibandrol dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar Rp3.7 jutaan, sedangkan Samsung Galaxy J7 Prime bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp2.9 jutaan.
Bagi Anda yang memiliki bujet lebih dan mendambakan smartphone dengan beragam kecanggihan, Samsung Galaxy J7 Pro dapat menjadi pilihan terbaik. Namun, bagi Anda yang membutuhkan smartphone untuk menunjang performa harian, Anda bisa memilih Samsung Galaxy J7 Prime. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, sesuaikan performa smartphone dengan kebutuhan sehari-hari serta bujet yang dimiliki.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *