Home » Blog » Plugin Yang Dibutuhkan di WordPress SelfHost

Plugin Yang Dibutuhkan di WordPress SelfHost

Plugin Yang Dibutuhkan di WordPress SelfHost – WordPress memang banyak diandalkan untuk membuat website. Kemudahan dan dukungan yang disediakan wordpress membuat wordpress menjadi CMS yang unggul.

Instalasi yang mudah dan penggunaan yang mudah membuat CMS (content management system) ini banyak banyak dipilih. Dan alasan banyak pengguna memilih CMS wordpress sebagai mesin website adalah karena tersedianya banyak plugin.

Plugin di wordpress mirip dengan App Store dan Playstore, tinggal instal. Banyak sekali pilihan plugin yang bisa kita gunakan di wordpress, dan kebanyakan gratis. Walaupun ada plugin berbayar namun plugin gratis rasanya sudah cukup untuk kebutuhan sistem wordpress.

Bagi sobat santri drajat yang masih pemula ada beberapa plugin yang harus di instal. Plugin-plugin ini dibutuhkan agar website atau blog yang dibuat lebih optimal. Apa saja plugin yang dibutuhkan di WordPress SelfHost ini.

 

Baca juga :

Plugin Yang Dibutuhkan di WordPress SelfHost

Plugin Yang Dibutuhkan di WordPress SelfHost

Plugin SEO

Membuat website tentu butuh pengunjug, buat website tapi sepi pengunjung kan kurang afdhol 😀 Untuk mengundang pengunjung maka dibutuhkan plugin SEO (Search Engine Optimization) Plugin SEO ini bertugas untuk mengenal website atau blog yang sobat buat ke mesin pencari seperti google dan bing.

Ada 2 plugin yang sudah banyak dikenal yakni All In One dan Yoast SEO. Keduanya tidak bisa di instal bersamaan di WordPress, tetapi harus dipilih salah satu. Kalau saya pribadi lebih memili Yoast SEO dibanding All in One karena lebih komplek atau lengkap. Selain itu ketika kita mengetik artikel jika kurang SEO Friendly maka yoast akan memberi peringatan. Atau apabila sobat sudah terlanjut menggunakan All in One ya silakan saja.

Akismet Anti SPAM

Akismet merupakan plugin yang dibutuhkan untuk keamanan. Salah satunya adalah mencegah komentar yang tidak begitu penting atau bahkan malah mengganggu. Dengan plugin ini sekiranya ada yang jail atau koment tidak penting maka akan terblokir otomatis.

Plugin Mempercepat Loading (plugin cache)

Website atau blog keren tapi lambat ? Coba instal plugin cache. Plugin ini berfungsi menghapus cache atau berkas jejak yang tidak berguna di sistem wordpress. Dengan menggunakan plugin akan membuat loading blog menjadi lebih cepat.

Contact Form

Untuk membuat form formulir maka dibutuhkan plugin Contact Form ini. Biasanya digunakan untuk form contact atau hubungi. Jadi kita tidak perlu mengatur script ini itu, cukup instal plugin ini saja maka kontak layanan akan bisa kita gunakan.

Image Optimizer

File image atau gambar yang ukuran filenya besar akan memperlambat loading blog. Jika sebelum posting kita sempat mengedit foto sehingga ukuran lebih kecil maka itu akan optimal. Namun terkadang kita tidak sempat mengedit foto agar ukuran kecil, hal ini bisa diatasi dengan Image Optimizer. Fungsi plugin ini adalah memperkecil ukuran file dari sebuah gambar.

Popular Post

Kalau plugin yang satu ini terkadang tidak butuhkan. Tergantung tema WordPress yang sobat gunakan. Jika di tema sudah menyediakan untuk popular post maka tidak perlu lagi plugin ini. Tetapi terkadang kita tidak puas dengan tampilan popular post yang disediakan tema tersebut dan akhirnya menginstal plugin popular post seperti yang saya lakukan 😀 Ada banyak sekali plugin popular yang sobat inginkan. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada yang kurang dari plugin-plugin tersebut ? Silakan sebutkan jika sobat pernah menginstal plugin yang berguna. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *