Home - Software - Plugin Al Quran In Word – Microsoft Office

Plugin Al Quran In Word – Microsoft Office

Plugin Al Quran In Word – Microsoft Office – Plugin merupakan aplikasi tambahan dalam sebuah software (defisi dari saya sendiri). Dalam sebuah software tertentu terkadang disediakan plugin sebuah aplikasi, dengan adanya aplikasi ini di harapkan dapat mengoptimalkan software tersebut. Misalnya saja adobe photoshop membutuhkan plugin tertentu untuk memberikan sebuah efek yang tidak bisa dilakukan secara manual. Itu merupakan sebuah contoh kecilnya
 
tutorial microsoft office bahasa indonesia
 

Plugin Al Quran In Word – Microsoft Office

Begitu pula dengan microsoft office yang mana ada plugin tambahan yang dapat di gunakan untuk membantu para penggunanya dalam menggunakan microsoft office tersebut.  Ada beberapa plugin di sini yang akan saya bahas di sini. Pertama, Quran In Word. Kedua, Office Tab. Ketiga, Nitro PDF.

Sebenarnya diantara ketiga software tersebut ada kurang jelas definisinya, saya katakan plugin tapi bisa berjalan sendiri tanpa MS. Office. Langsung saja saya bahas satu per satu

1. Quran In Word

Ketika menggunakan MS. Office terkadang kita di hadapan dengan tulisan arab, misalnya saja Ayat Al Quran, hadits, syair dan sebagainya. Nah ketika kita mengerjakannya belum tentu kita dapat optimal karena terkadang seseorang paham dengan font latin (a,b,c dan seterusnya) namun tidak paham dengan font arab. Tidak paham di sini saya maksutkan di keyboard komputer.  Kalau sudah hafal mungkin bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan yang menggunakan huruf arab tersebut atau bisa juga dengan di bantu keyboard khusus font arab. 

Tapi kalau anda ingin susah payah mengerjakan font arab khususnya Al Quran maka Anda dapat menggunakan plugin yang satu ini, Quran In Word. Dengan aplikasi ini dapat mempermudah dalam mengerjakan font arab Al Quran. Kita tidak perlu lagi mengetik karena hanya dengan menggunakan plugin kita dapat menampilkan Al Quran di Ms. Office.

Kelemahan dari software ini adalah : Misalnya kita mengunakan komputer A dan menyimpan hasil dari menggunakan Quran in Word dan mencetak / print di komputer yang tidak terdapat aplikasi ini maka tulisannya tidak akan muncul. Muncul berupa font tidak jelas yang berupa simbol-simbol tertentu. 

Bersambung ke Artikel selajutnya :

Nitro PDF

Office Tab


About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *