Home - Hardware - Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya – Laptop sebagai pengganti komputer yang mampu digunakan dimana saja atau bersifat portable memang banyak membantu. Dengan adanya laptop tugas kuliah, sekolah dan kantor menjadi lebih mudah. Karena dengan laptop kita bebas mengerjakan dimana saja.

Baca juga : Perbandingan antara Laptop Dan Komputer

Perkembangan laptop saat ini memang terbilang cukup pesat. Apalagi antar satu pabrikan dengan yang lain saling adu produk yang mana mampu memikat hati para penggunannya.

Namun bagi pengguna laptop harus tetap hati-hati apabila menggunakan laptop. Karena laptop ini bentuknya tipis atau slim maka terkadang mengalami kendala atau masalah. Salah satu masalah yang terkadang terjadi pada laptop adalah masalah layar.

Baca juga : Cara merawat Layar Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Jika pengguna laptop berhati-hati atau mengetahui permasalahannya maka permasalahan layar tidak akan bagitu berarti. Di bawah ini ada beberapa Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya yang mana sobat pernah mengalaminya.

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Layar Laptop Retak

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Dalam beraktifitas hendaknya kita berhati-hati apabila menggunakan laptop. Layar laptop yang tipis rentan untuk pecah. Dan juga bentuk laptop yang ketebalannya seperti buku maka sobat harus hati-hati meletakkannya. Jangan sampai diletakkan di bawah dan tanpa sengaja terinjak. Retaknya laptop yang sering terjadi adalah karena terbentuk benda tumpul atau terinjak.

Karena sudah retak maka solusinya adalah mengganti layar tersebut. Ya bagaimana lagi, karena layarnya berupa kaca maka harus diganti tidak bisa di lem atau diberikan perekat.

Muncul Garis Garis Lurus

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Terkadang Layar laptop muncul garis garis lurus. Tentunya hal ini sangat mengganggu pengguna laptop karena tidak bisa beraktifitas secara penuh.

Permasalahan ini terjadi karena grapics video card atau VGA yang rusak atau kurang sempurna menempelnya. Solusinya bisa mengganti VGA apabila benar-benar rusak, namun hal ini jarang terjadi. Atau sobat bisa mengencangkan kabel koneksi VGAnya.

Layar Black Screen

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Laptop menyala dan layar hanya hitam atau biasa disebut black screen merupakan salah permasalah pada layar laptop yang sering terjadi.

Mengapa terjadi black screen ? Black Screen terjadi karena adanya komponen laptop yang tidak terpasang sempurnanya. Biasanya RAM Laptop. Apabila sobat mengganti RAM dan setelah memasang RAM malah terjadi black screen maka cobalah cek ulang pemasangan RAMnya. Atau juga bisa karena perbedaan RAM. Misalnya di laptop terdapat 2 slot RAM dan antara satu slot dengan yang lain berbeda maka akan menyebabkan laptop black screen.

Jadi check dengan benar sebelum memasang RAM, sudah benar apa belum memasangnya.Dan juga cek type RAM nya ya.

Layar Berkedip-kedip

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

Pernah juga saya menggunakan laptop yang demikian. Kedip-kedip melulu 😀 . Dan ketika posisi layar laptop dibuka sudah tepat maka hilangah kedipan itu. Kedip-kedip pada layar ini karena kabel di penghubung ke layar yang kurang pas.

Jika hal ini terjadi coba perbaiki dengan cara mengecek dan memasang dengan benar kabel penghubung ke layarnya.

Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya diatas memang terkadang terjadi. Namun saya tidak merekomendasikan pada sobat pembaca sobat santri drajat untuk membongkar sendiri laptopnya. Kalau sudah pernah bongkar sendiri ya boleh saja. Tetapi kalau awam sebaiknya di bawah saja ke tukang servis laptop yang terpercaya atau di bawah ke service center laptop sobat.

Kiranya cukup sekian dulu tentang Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *