Home » Blog » Perlunya Website Untuk Lembaga Pendidikan

Perlunya Website Untuk Lembaga Pendidikan

Perlunya Website Untuk Lembaga Pendidikan – Website dalam dunia pendidikan adalah yang perlu diperhatikan dan tidak boleh diremehkan. Website di suatu lembaga pendidikan dapat sangat berguna apabila benar-benar dikelola dengan baik dan benar. Tidak asal buat lalu di biarkan begitu saja. Apalagi di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini. Internet seakan-akan sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa di tinggalkan, kecanduan teknologi.

Perlunya Website Untuk Lembaga Pendidikan

Perlunya Website Untuk Lembaga Pendidikan


Hadirnya sebuah website akan menjadi sesuatu yang dibutuhkan ketika seseorang mencari informasi sebuah lembaga pendidikan tersebut. Misalnya saja karena ingin menyekolahkan anaknya di sebuah pesantren yang jauh dari rumahnya maka orang tua dari anak tersebut mencari informasi dari pesantren tersebut. Jika ada website yang dapat menjelaskan seluk beluk sebuah pesantren tentunya orang tersebut akan mudah mengetahui seperti apa pesantren tersebut, sistem pendidikannya, sejarahnya bagaimana, sekolahnya apa saja  dan lain sebagainya. Lain dari pada itu sebuah website akan berfungsi lebih baik untuk beberapa hal di bawah ini :

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen, atau bisa di singkat menjadi SIM. Bagi yang kuliah teknik informatika mungkin tidak asing dengan kata-kata Sistem Informasi Manajemen ini. SIM ini merupakan sebuah aplikasi yang biasanya berbentuk website yang memiliki fungsi tertentu. Salah satunya adalah dapat melakukan pendaftaran online di sebuah lembaga pendidikan. Dengan adanya SIM yang dapat mengatur sistem pendaftaran maka para calon anak didik dan orang tua tidak perlu untuk datang ke tempat pendaftaran. Cukup dengan melakukan pendaftaran secara online maka otomatis akan terdaftar di sebuah lembaga pendidikan. Adapula SIM yang dapat mengatur pembayaran dari santri tersebut

SIM di sebuah perguruan tinggi juga berguna untuk mengatur mata kuliah yang akan di tempuh jika menggunakan sistem perkuliahan SKS (sistem kredit semester). Namun untuk lembaga pendidikan tingkat menengah ke bawah kebanyakan digunakan untuk melakukan pendaftaran online.

Berita dan Informasi Terkini

Sebuah informasi dan berita terkini akan dibutuhkan oleh siswa atau wali siswa tersebut. Dengan adanya informasi resmi maka orang tua akan tahu informasinya dengan benar, tidak hanya dari anaknya saja.

Atau juga informasi mengenai sebuah berita penting lainnya. Misalnya saja lembaga tersebut menang lomba di suatu acara nasional.  Sebuah informasi dan berita sangat penting jika wali siswa tersebut berada di tempat jauh. Orang tua tersebut juga ingin mengetahui keadaan anaknya di lembaga tersebut, dapat nilai berapa, aktif apa tidak, dan sebagainya.


Dari sedikit ulasan di atas tentang Perlunya Website Untuk Lembaga Pendidikan maka dapat disimpulkan bahwa sebuah website lembaga tidak boleh di anggap remeh. Mungkin dengan adanya website tersebut seseorang dapat menilai sebuah lembaga pendidikan tersebut seperti apa.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Aku tak sebaik yang kau ucapkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *